10 Manfaat Durian Untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui

10 Manfaat Durian Untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui image

Durian sering disebut "raja buah-buahan" di negara-negara Asia Tenggara. Buah ini bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia, Malaysia, Brunei, dan mungkin Filipina.

Durian adalah salah satu buah yang digemari banyak orang karena manfaat durian begitu banyak.

Durian adalah buah dengan kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan energi, dan menghambat aktivitas radikal bebas. Untuk mengetahui manfaat buah ini secara lebih lengkap simak ulasan di bawah ini.

Manfaat Durian Bagi Tubuh

Manfaat buah durian akan dijelaskan secara rinci di bawah ini:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

manfaat durian

Durian sangat tinggi potasium, bahkan jika dibandingkan dengan buah-buahan lainnya kandungan potasium dalam durian lebih banyak.

Potasium terkenal karena kemampuannya untuk menurunkan tekanan darah yang merupakan kontributor utama penyakit kardiovaskular. 

Durian juga kaya serat dan lemak tak jenuh, dua nutrisi utama ini baik untuk kesehatan jantung. Studi pada hewan tikus yang diberi makan durian menunjukkan pengurangan kadar kolesterol total, LDL, dan trigliserida .

2. Mendukung Kehamilan yang Sehat

Meskipun defisiensi folat menimbulkan risiko besar selama awal kehamilan, kandungan folat tetap diperlukan selama masa kehamilan.

Dan durian adalah sumber folat yang baik karena mengandung vitamin B esensial dan folat yang cukup.  

Folat diperlukan untuk perkembangan janin secara sehat. Manfaat durian untuk ibu hamil bisa didapatkan jika dikonsumsi dengan jumlah yang benar.

Anjuran makan durian bagi wanita hamil tentu tidak boleh sembarangan. Anda perlu konsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu sebelum makan durian.

3. Mencegah Nyeri Sendi

Durian mengandung vitamin C yang sangat tinggi , terutama ketika dimakan mentah. Semangkuk durian segar mengandung 48 gram vitamin C dan rata-rata orang dewasa membutuhkan 75-90 gram per hari. 

Gejala kekurangan vitamin C bisa menyebabkan nyeri sendi karena Anda perlu mendapat asupan vitamin C yang cukup.

Mengkonsumsi durian secukupnya bisa mencukupi kebutuhan vitamin C untuk membantu mencegah nyeri sendi

4. Menjaga Sistem Pencernaan 

Durian kaya akan gula alami yang akan berfermentasi setelah terkena bakteri usus dalam proses pencernaan. Durian bertindak sebagai prebiotik, yaitu memberi makan bakteri asam laktat di dalam usus.

Kandungan durian bisa mendukung fungsi pencernaan dan kesehatan usus besar. Selain itu, manfaat durian untuk pencernaan bekerja semakin maksimal karena serat dalam durian membantu memperlancar sistem pencernaan.

5. Mencegah Kekurangan Nutrisi pada Orang Tua

Kekurangan gizi adalah masalah umum yang sering terjadi pada orang yang sudah lanjut usia. Lansia beresiko lebih tinggi untuk mengalami penurunan berat badan dan defisiensi nutrisi karena beberapa faktor.

Beberapa diantaranya termasuk malabsorpsi dan nafsu makan berkurang

Durian kaya akan nutrisi makro dan mikro. Ini adalah makanan padat energi yang menyediakan vitamin kunci, seperti thiamin yang berlimpah. Makan durian dengan ukup bisa membantu menambah asupan nutrisi untuk lansia.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol

manfaat durian

Beberapa senyawa yang ditemukan dalam durian dikenal baik untuk mengurangi kadar kolesterol. Hal ini bisa mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah Anda.

7. Menurunkan Gula Darah 

Tidak seperti buah tropis lainnya, durian memiliki indeks glikemik (GI) yang cukup rendah. Hal ini berarti bahwa buah durian tidak akan meningkatkan kadar gula darah Anda.

8. Menurunkan Risiko Kanker

Berdasarkan sebuah studi, antioksidan yang ada dalam ekstrak durian mampu mencegah penyebaran sel kanker payudara. Antioksidan juga baik untuk tubuh Anda secara umum karena memberikan banyak manfaat.

9. Membantu Melawan Infeksi

Durian mengandung banyak senyawa yang memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu menangkal infeksi.

10. Sumber Energi

Seperti pisang, alpukat, dan nangka, durian juga kaya akan energi, vitamin, dan mineral. Kandungan nutrisi buah durian ada banyak seperti fitonutrien, air, protein, dan lemak baik.

Meskipun sangat rendah kolesterol dan natrium, ia kaya akan serat makanan dan merupakan sumber antioksidan.

Durian juga dianggap sebagai sumber vitamin B yang sangat baik, termasuk niacin, riboflavin, B5, B6, dan thiamin.  Buah ini memiliki banyak mineral seperti mangan, tembaga, besi, dan magnesium. 

Selain itu juga mengandung kalium dan asam amino esensial triptofan. Dua kandungan ini akan diubah tubuh dalam dua langkah kimia menjadi serotonin dan dapat membantu dalam pengobatan depresi.

manfaat durian

Itulah beberapa manfaat durian yang baik untuk tubuh. Jika Anda mengkonsumsi durian dengan takaran yang tepat Anda akan memperoleh manfaat yang banyak dari buah ini. Buah kaya manfaat ini akan sangat berguna untuk perlindungan tubuh.