10 Manfaat Daun Sukun Bisa Mengobati Alergi Hingga Gagal Ginjal

10 Manfaat Daun Sukun Bisa Mengobati Alergi Hingga Gagal Ginjal image

Tanaman sukun, selain dinikmati buahnya untuk diolah menjadi camilan lezat, daun sukun juga dipercaya memiliki segudang khasiat untuk kesehatan.

Banyak manfaat daun sukun untuk kesehatan, mulai untuk mengatasi alergi hingga penyakit berat seperti serangan jantung dan gagal ginjal.

Manfaat Daun Sukun

Masyarakat percaya daun sukun sangat baik dikonsumsi karena mengandung berbagai zat yang dapat membantu mengatasi berbagai penyakit. Berikut khasiat daun sukun untuk kesehatan.

1. Mengobati Penyakit Ginjal

Mengkonsumsi rebusan daun sukun secara teratur dapat mengatasi penyakit ginjal. Sebab, air rebusan daun sukun mengandung obat diuretik yang dipercaya dapat menjaga kerja ginjal.  

Bahkan, kandungan flavonoid dan sitosterol pada daun sukun dapat membantu mengatasi penyakit gagal ginjal.

Dengan mengkonsumsi teh dari daun sukun kering dapat memaksimalkan kerja ginjal – sebagai obat diuretik.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

manfaat daun sukun

Meminum teh dari daun sukun juga dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Dalam daun sukun terdapat senyawa yang bisa menjadikan tekanan darah kembali normal serta memperlancar aliran darah.

Daun sukun kering yang mengandung senyawa flavonoid, roboflaving, dan sitosterol juga berkhasiat menjaga kesehatan jantung. Selain itu, minum ramuan daun sukun bisa menurunkan kadar kolesterol.

3. Meredakan Asam Urat

Jika Anda mengalami masalah dengan asam urat, daun sukun bisa menjadi solusi penyembuhan. Dengan meminum teh daun sukun secara teratur akan dapat meredakan penyakit asam urat.

Daun sukun juga memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa mengatasi peradangan pada sendi.

Untuk mencegah asam urat kembali kambuh, disarankan agar Anda menghindari makanan yang mengandung purin tinggi, sebagai penyebab timbulnya asam urat.

4. Mengatasi Alergi

Satu lagi manfaat kesehatan dari teh daun sukun adalah dapat mengatasi penyakit alergi. Jika Anda memiliki keluhan alergi, disarankan mengkonsumsi teh daun sukun setiap hari agar terhindar dari reaksi alergi.

Alergi terjadi karena adanya gangguan pada sistem anti-alergen dalam tubuh dan itu bisa diobati dengan minum teh dari daun sukun secara teratur.

5. Mengatur Kadar Kolesterol dan Gula Darah

Untuk Anda yang ingin menurunkan kadar kolesterol, disarankan agar mengkonsumsi daun sukun secara teratur. Daun sukun mengandung antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

Sekaligus, agar Anda terhindar dari gangguan kesehatan seperti penyakit jantung koroner.

Daun sukun yang memiliki kandungan insulin juga mampu menurunkan kadar gula darah.

Penyakit diabetes, salah satu penyebabnya karena kadar gula darah dalam tubuh berlebihan. Selain itu, kandungan flavonoid dalam buah sukun juga dapat menjaga stabilitas gula darah.

6. Mengatasi Penyakit Maag

Keuntungan daun sukun juga dapat mengatasi masalah saluran pencernaan.

Penyakit maag disebabkan oleh terganggunya saluran pencernaan. Dengan mengkonsumsi teh daun sukun secara teratur dapat mengatasi penyakit maag.

Selain itu, daun sukun mengandung kalium yang dapat menetralisir asam lambung serta mengatasi perdagangan lambung.

7. Mengatasi Peradangan Kulit

manfaat daun sukun

Daun sukun dapat mengobati penyakit kulit seperti penyakit eksim kering dan eksim basah.

Kandungan zat yang ada dalam daun sukun bisa dijadikan sebagai scrub alami. Cara penggunaannya, campur daun sukun dengan minyak essential lalu oleskan pada kulit.

8. Menyembuhkan Luka

Bagi orang yang sedang menjalani pencabutan gigi, disarankan agar mengkonsumsi daun sukun.

Dengan kandungan zat antioksidan, anti peradangan, dan antibakteri, daun sukun menjadi obat ampuh untuk mengatasi luka menganga pada gusi.

9. Mengatasi Infeksi pada Vagina

Salah satu penyakit di area kewanitaan yang sering dialami adalah infeksi vagina akibat adanya ragi candidia.

Infeksi vagina (kandidiasis vagina) sering diderita wanita yang mengalami masalah berat badan (obesitas), diabetes, kanker, dan TBC.

Untuk mengatasi penyakit tersebut, Anda disarankan mengkonsumsi teh daun sukun secara rutin setiap hari. Anda juga dapat menggunakan daun sukun sebagai sabun vagina untuk mempercepat penyembuhan dan infeksi kulit.

10. Pengobatan Pembesaran Limpa

Kandungan antioksidan pada daun sukun dipercaya dapat mengobati pembesaran limpa.

Teh dari daun sukun dapat menghilangkan racun dari tubuh karena bisa melakukan detoksifikasi. Jika Anda rutin minum 1 cangkir setiap hari maka dapat meringankan limpa.

Kerusakan sistem limpa terjadi akibat pembesaran limpa. Risikonya, yang paling umum adalah tubuh akan mengandung banyak racun. Banyak makanan buruk yang menyebabkan limpa menjadi rusak.

Salah satu pengobatan yang paling mudah adalah mengkonsumsi daun  sukun setiap hari.

manfaat daun sukun

Pastinya banyak manfaat daun sukun bagi kesehatan yang patut dicoba. Untuk mengkonsumsinya, Anda tinggal pilih, bisa diseduh atau dikeringkan terlebih dahulu menjadi teh. Tapi, keduanya punya khasiat yang sama.