10 Manfaat Coklat yang Patut Anda Ketahui

10 Manfaat Coklat yang Patut Anda Ketahui image

Coklat adalah salah satu jajanan yang digemari banyak orang. Tak jarang banyak yang tergila-gila dengan olahan kakao yang satu ini. Tapi tahukah Anda selain enak coklat punya banyak manfaat?

Berikut daftar manfaat coklat yang baik untuk tubuh.

Manfaat Coklat Bagi Tubuh

Daftar lengkap manfaat coklat ada di bawah ini:

1. Mengurangi Penyakit Jantung

manfaat coklat

Mengkonsumsi coklat ternyata mampu mengurangi risiko kardiovaskular. Asam stearat yang ada dalam coklat meskipun merupakan asam lemak jenuh tidak berkontribusi terhadap peningkatan kadar kolesterol. 

Hal itu dapat mengurangi kemungkinan serangan jantung dan aterosklerosis yang berhubungan dengan peningkatan kadar kolesterol dan radang arteri.

Kakao juga dikenal untuk mengurangi kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL. 

Sifat antioksidan flavonoid dalam coklat juga bisa melindungi jantung terhadap peradangan dan kerusakan oksidatif yang ditimbulkan oleh radikal bebas.

2. Mengontrol Nafsu Makan

Coklat hitam juga dikenal baik untuk menekan nafsu makan. Mengkonsumsi coklat hitam memberikan perasaan kenyang yang membantu menghindari makan berlebihan.

Selain itu coklat juga menurunkan keinginan untuk makan sesuatu yang manis.

3. Memelihara Sistem Saraf

Sebuah studi menunjukkan bahwa epicatechin dan flavonoid adalah senyawa yang terkandung dalam coklat hitam. Senyawa ini dapat membantu melindungi otak dari kerusakan. 

Epicatechin bekerja dengan mendorong sel untuk mempertahankan diri. Selain itu senyawa ini juga bertindak untuk membuka jalur pelindung yang sudah ada di dalam sel. 

Namun, tidak semua coklat hitam mengandung senyawa ini karena dapat dihancurkan oleh panas dan cahaya.

Senyawa ini juga ditemukan membantu dalam menurunkan risiko gangguan saraf, seperti penyakit Alzheimer.

4. Mengobati Batuk

Kakao mengandung theobromine, theobromine yang ada di dalamnya, bisa meredakan batuk. Senyawa ini bertindak sebagai antitusif (anti-batuk) yang efektif pada manusia.

Selain itu senyawa ini juga tidak menyebabkan efek samping kardiovaskular atau sistem saraf pusat.

Kakao lebih baik daripada obat yang mengandung sedangkan kodein fosfat. Obat batuk dengan kandungan ini bisa menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan.

5. Mengobati Diabetes

Produk coklat hitam adalah coklat yang umumnya tanpa pemanis dan tidak mengandung susu. Rasanya sangat pahit dan mengandung alkaloid seperti caffeine dan senyawa lain termasuk flavonol. 

Manfaat coklat menurut para ahli telah diakui.

The American Journal of Clinical Nutrition meneliti coklat dan mendapatkan fakta menarik. Konsumsi coklat hitam meningkatkan metabolisme glukosa dan menurunkan tekanan darah. 

6. Antidepresan

manfaat coklat

Kakao mengandung sifat antioksidan, vasodilatory, antikoagulan, dan anti-inflamasi yang berfungsi untuk menangkal gangguan otak.

Penelitian pada hewan dan manusia menunjukkan bahwa asupan makanan kaya flavanol seperti coklat hitam meningkatkan suasana hati dan memiliki efek antidepresan.

7. Mengurangi Stres

Kakao mengandung tryptophan dan asam amino esensial yang meningkatkan produksi serotonin. Senyawa ini memiliki efek menenangkan dan menyegarkan untuk meredakan ketegangan dan stres. 

Manfaat coklat untuk mood adalah manfaat paling banyak dirasakan oleh banyak orang.

8. Mengatur Tekanan Darah

Flavonoid dalam kakao mengandung polifenol seperti katekin, epikatekin, dan procyanidin. Senyawa-senyawa ini bisa meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah yang membantu menjaga tekanan darah. 

Nitric oxide adalah senyawa yang membantu melemaskan dinding pembuluh darah dan mencegah tekanan darah tinggi..

9. Mencegah Stres Oksidatif

Polifenol seperti katekin, epicatechin, dan procyanidin yang ada dalam kakao adalah antioksidan yang sangat baik.

Mereka meminimalkan efek radikal bebas dan menyembuhkan kerusakan yang sudah disebabkan oleh senyawa berbahaya ini.

10. Baik untuk Pertumbuhan Janin

Mengkonsumsi coklat selama kehamilan tidak hanya meningkatkan mood ibu tetapi juga membantu perkembangan dan pertumbuhan janin.

Efek pereda stres dalam coklat ternyata berpengaruh kepada janin dan membuat janin bahagia.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Early Human Development menunjukkan sisi positif. Penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi coklat setiap hari pada usia 6 bulan dinilai perkembangan psikologis janin lebih positif.

Tentu konsumsi coklat bagi ibu hamil tidak boleh sembarangan. Sebelum mengkonsumsi coklat harus konsultasi dahulu dengan dokter kandungan.

manfaat coklat

Itulah manfaat coklat yang bagus untuk kesehatan. Anda bisa mengkonsumsi coklat secara rutin dengan porsi yang tepat agar bisa memperoleh manfaatnya secara maksimal. Tetap jaga kesehatan tubuh Anda.