10 Manfaat Aloe Vera Gel untuk Kesehatan Anda

10 Manfaat Aloe Vera Gel untuk Kesehatan Anda image

Aloe vera semakin mudah ditemukan. Perempuan percaya akan manfaat aloe vera untuk wajah yang mempercantik kulit.

Ada pula manfaat aloe vera untuk rambut yang mengatasi rontok. Harga aloe vera gel yang terjangkau semakin menarik konsumen untuk memilikinya.

Lebih dari itu, ada manfaat aloe vera lainnya untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan berikut ini. Yuk, simak ulasannya!

1. Luka Bakar

manfaat aloe vera

Getah atau gel pada lidah buaya dapat dimanfaatkan untuk memulihkan luka bakar. Oleskan aloe vera sebagai salep agar luka bakar pada kulit cepat sembuh.

2. Iritasi

Kulit yang mengalami gejala iritasi dan gatal-gatal dapat diredakan bila Anda memakai aloe vera gel. Oleskan getah lidah buaya pada permukaan kulit yang meradang untuk efek yang menenangkan.

3. Sembelit

Selain dapat dimanfaatkan sebagai obat permukaan kulit luar, Anda juga bisa mengolah lidah buaya menjadi jus untuk dikonsumsi.

Jika Anda mengalami sembelit, minum jus lidah buaya patut dicoba. Tapi, tidak dianjurkan untuk diminum dalam jumlah banyak untuk jangka waktu lama.

4. Gula Darah Tinggi

Bagi penderita diabetes, menyantap dua sendok aloe vera gel tiap hari ternyata ampuh menurunkan kadar gula darah. Tapi, sebelum mencoba, pastikan konsultasi terlebih dulu ke dokter.

5. Dehidrasi

manfaat aloe vera

Anda yang aktif berolahraga kadang mengalami dehidrasi, bukan? Jus lidah buaya dapat memulihkan kondisi tubuh Anda kembali.

Otot kaku dan pegal usai berolahraga dapat kembali pulih. Aloe vera membersihkan tumpukan asam laktat akibat olahraga berlebihan.

6. Nyeri Ulu Hati

Kandungan enzim pada lidah buaya bermanfaat untuk mengatasi gangguan kesehatan pencernaan pada usus dan lambung Anda.

Konsumsi aloe vera bisa menjadi salah satu solusi bagi Anda yang mengalami nyeri ulu hati. Gejala mual akibat nyeri ulu hati dapat diredakan dengan lidah buaya.

6. Asam Lambung

Gejala asam lambung jelas akan menghalangi Anda untuk beraktivitas. Beberapa gejala tersebut seperti perut kembung, sendawa atau bahkan muntah.

Jika Anda mengalami satu dari antara gejala tersebut, cobalah untuk meredakannya dengan mengonsumsi aloe vera.

7. Detoksifikasi

Membuang racun dalam tubuh sekali waktu sangat bermanfaat untuk memulihkan kesehatan. Meminum jus lidah buaya membantu tubuh melakukan detoksifikasi.

Kandungan asam amino, vitamin dan mineral mendukung aloe vera sebagai pembersih alami pada tubuh.

8. Kegemukan

Selain untuk detoksifikasi, lidah buaya juga dapat membantu menurunkan berat badan berlebih. Tubuh yang gemuk berpotensi memunculkan masalah kesehatan.

Untuk menambah rasa, Anda dapat menggunakan lemon, mentimun, nanas atau stroberi pada minuman lidah buaya.

Anda pun dapat memasukkan minuman olahan lidah buaya ke dalam daftar menu diet untuk dikonsumsi di pagi hari.

9. Plak Gigi

Gigi membutuhkan perawatan agar terhindar dari plak yang mengganggu. Aloe vera memiliki kandungan alami untuk menjaga kesehatan gigi Anda.

Gunakan lidah buaya sebagai obat kumur atau pasta untuk menyikat gigi. Gigi pun akan tampak lebih sehat dan bersih.

10. Mata Minus

Ada satu lagi manfaat minuman aloe vera. Cobalah rutin meminum atau membuat jus lidah buaya selama satu minggu.

Kandungan pada lidah buaya dapat mengatasi gangguan kesehatan mata seperti mata minus.

Efek Samping

Ragam manfaat alami dari kandungan aloe vera menjadi daya tarik untuk dikonsumsi secara rutin demi meningkatkan kesehatan.

Namun, jika Anda tengah mengonsumsi obat-obatan tertentu, ada baiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi lidah buaya.

Beberapa gejala efek samping yang kadang dialami yaitu diare atau kram perut. Gejala ini hanya terjadi bila Anda mengonsumsi lidah buaya secara berlebihan.

Penasaran ingin segera mencoba khasiat aloe vera? Sekarang Anda dapat dengan mudah menemukan tanaman lidah buaya di pasar maupun pusat perbelanjaan.

manfaat aloe vera

Setelah menyimak ulasannya, Anda terkejut bahwa aloe vera ternyata selama ini tidak sekadar untuk kecantikan bukan?

Baik perempuan atau laki-laki sama-sama dapat menikmati manfaat aloe vera gel untuk kesehatan tubuh. Selamat mencoba!