Yuk Ketahui 6 Manfaat Masker Tomat Untuk Kesehatan Kulit Anda!

Yuk Ketahui 6 Manfaat Masker Tomat Untuk Kesehatan Kulit Anda! image

Buah tomat seringkali dijadikan bumbu masakan di dapur. Namun begitu, nutrisi yang dikandung tomat berguna untuk kulit, sehingga sering digunakan sebagai produk perawatan kulit, terutama masker wajah.

Manfaat masker tomat bagi kulit wajah banyak sekali, apa saja ya?

Manfaat Masker Tomat Untuk Kesehatan Kulit 

Pernahkah kamu memakan tomat mentah atau minum jus tomat? Rasanya legit, bukan?

Nah, rasa manis dan legit yang ada di dalam tomat disebabkan oleh banyaknya nutrisi yang berguna bagi tubuh maupun kulit. Seperti vitamin C, vitamin A, dan lain sebagainya. 

Wajar saja jika tomat banyak digunakan sebagai bahan pembuatan produk perawatan kulit. Termasuk masker tomat salah satunya. Berikut ini manfaat dari masker tomat bagi kulit yang perlu Anda ketahui : 

1. Masker tomat menghilangkan noda kusam di wajah 

Tahukah Anda kesamaan dari tomat dengan lemon? Keduanya memiliki kandungan antibakteri yang mampu memperbaiki hiperpigmentasi pada kulit.


Selain itu, kandungan vitamin C yang ada pada tomat dan lemon dapat membuat warna kulit merata serta terhindar dari bakteri. 

Jika kulit steril, secara otomatis warnanya juga akan menjadi cerah. Anda yang memiliki masalah noda kusam pada wajah, segeralah buat masker tomat sebagai obat alaminya. 

Caranya yaitu haluskan tomat dengan cara diblender, lalu usapkan pada wajah dan biarkan hingga mengering. Setelah itu bilas hingga bersih. Jangan lupa gunakan masker secara rutin setiap hari.

2. Masker tomat membuat kulit tampak lebih remaja

manfaat masker tomat

Semua orang menginginkan kulit yang terhindar dari penuaan dini. Salah satu solusi untuk mewujudkan hal ini adalah menggunakan masker tomat dan timun. 

Mengapa begitu? Karena manfaat masker tomat dan timun adalah sebagai pencegah penuaan dini pada kulit.

Masker tersebut akan mengandung antioksidan yang sangat tinggi, sehingga mampu bertindak sebagai zat anti-aging

Cara untuk membuat masker tomat dan timun pun cukup mudah dan dapat dengan mudah Anda lakukan.

Diantaranya adalah haluskan tomat dan mentimun, lalu usapkan pada wajah. Lalu biarkan mengering di atas kulit Anda selama 20 menit, dan bilas hingga bersih.

3. Masker tomat melembabkan dan menghaluskan kulit

Manfaat masker tomat untuk wajah lainnya adalah melembabkan dan menghaluskan kulit. Terlebih jika masker tomat dicampur dengan minyak zaitun, yang mengandung pelembab alami yang baik bagi kulit.

Cara membuat masker tersebut adalah sebagai berikut : haluskan tomat lalu campur dengan minyak zaitun.

Langsung aplikasikan secara merata pada kulit menggunakan kuas, lalu diamkan hingga 20 menit. Bilas hingga bersih dan minyaknya menghilang dari wajah.

4. Masker tomat mampu mengecilkan pori-pori pada wajah

Bagi Anda yang memiliki pori-pori kulit cukup besar, bisa menggunakan masker tomat dicampur dengan madu.

Manfaat masker tomat dan madu adalah untuk menutup pori-pori pada kulit wajah. Sehingga kulit pun tidak mudah mengalami komedo ataupun jerawat membandel. 

Cara membuat masker tomat yang satu ini cukup mudah, caranya cukup haluskan tomat dengan blender. Setelah itu tambahkan madu dan aduk hingga rata. Aplikasikan pada wajah, diamkan sebentar, lalu bilas hingga bersih. 

5. Masker tomat bertindak sebagai pemutih kulit yang alami

manfaat masker tomat

Variasi komposisi pada masker tomat bisa dimodifikasi sesuai keinginan. Anda bisa menambahkan susu atau yoghurt pada masker tomat yang akan diaplikasikan pada wajah.

Manfaat masker tomat dan susu yaitu memutihkan kulit wajah sehingga terhindar dari warna kusam. 

Seperti biasanya, untuk membuat masker tersebut terlebih dahulu haluskan tomat dengan cara diblender.

Setelah itu tambahkan susu atau yoghurt. Diamkan hingga masker di kulit wajah mengering, setelah itu bilas hingga bersih dengan air. 

6. Masker tomat mampu mengangkat sel kulit mati

Sel-sel kulit yang telah mati bisa menyebabkan penyumbatan pori-pori serta menyebabkan jerawat. Gunakan masker tomat untuk exfoliator kulit wajah, sehingga sel-sel kulit mati bisa hilang sempurna dan teregenerasi.

Cara membuat masker untuk menghilangkan sel kulit mati yaitu haluskan tomat dan campur dengan gula putih. Setelah itu gosokkan ke kulit wajah hingga mengering dan mengelupas. Jika dirasa cukup, bilas kulit wajah dengan air. 

Menggosok kulit wajah dengan masker tomat dan gula tidak perlu terlalu keras, agar kulit tidak cedera. Dengan begitu, sel kulit mati akan rontok dan kulit akan kembali bersinar cerah setelah mengalami pembaruan sel. 

manfaat masker tomat

Manfaat masker tomat cukup banyak, bukan? Gunakan masker secara rutin agar hasil yang didapatkan juga maksimal. Dengan demikian, kulit akan semakin bersih berseri serta sehat alami.