Wajib Baca! Ini Dia 5 Peluang Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

Wajib Baca! Ini Dia 5 Peluang Bisnis Rumahan yang Menjanjikan image

Bisnis rumahan yang menjanjikan tentunya menjadi target banyak orang, baik pemula maupun yang sudah berpengalaman di dunia kewirausahaan.

Membangun bisnis di rumah memberikan Anda kesempatan untuk bereksplorasi, hingga kendali penuh atas pengelolaan waktu serta biaya. Bisnis tipe ini cocok bagi Anda yang ingin memiliki penghasilan tambahan yang berkelanjutan.

Jika Anda tengah melirik peluang bisnis yang dapat dijalankan di rumah, Anda perlu mempelajari jenis produk dan jasa apa saja yang akan selalu dibutuhkan masyarakat.

Artinya, Anda harus menghindari bisnis-bisnis yang hanya bersifat musiman ataupun tren sesaat. Butuh inspirasi? Berikut 5 rekomendasi usaha rumahan yang potensial untuk Anda kembangkan.

1. Jasa Laundry Kiloan
bisnis rumahan yang menjanjikan

Dengan karakteristik masyarakat urban yang sibuk, tidak heran jika bisnis laundry kiloan begitu marak dan mudah ditemui. Bahkan sudah banyak franchise laundry kiloan yang memperoleh reputasi baik di masyarakat.

Jenis usaha ini tergolong sebagai peluang usaha baru yang menjanjikan, serta relatif stabil bahkan dalam situasi krisis sekalipun.

Untuk memulai usaha ini Anda perlu mengenali terlebih dahulu apakah tempat tinggal Anda sesuai untuk usaha laundry. Hal ini terkait dengan ketersediaan air hingga pembuangan limbah cuci.

Dengan estimasi modal di kisaran 5 juta, Anda bisa mengawali bisnis dengan mesin cuci dan pengering yang handal, timbangan, setrika, sabun, dan pewangi yang digemari banyak orang. 

Agar memperoleh kepercayaan pelanggan, Anda perlu memiliki disiplin waktu serta menjaga kualitas serta kerapian hasil cucian. Berikan juga diskon yang menarik agar pelanggan puas dan kembali.

2. Jasa Katering Sehat Harian
bisnis rumahan yang menjanjikan

Banyak usaha rumahan ibu rumah tangga yang awalnya dirintis dari kegemaran pribadi, termasuk usaha di bidang kuliner. Jika Anda senang bereksplorasi di dapur, maka Anda bisa menjajal untuk membuka jasa katering sehat harian.

Bisnis ini begitu potensial mengingat mulai tingginya kesadaran masyarakat untuk hidup lebih sehat serta mencegah penyakit degeneratif sedini mungkin. 

Untuk membangun usaha katering sehat, Anda perlu menggandeng dokter gizi ataupun nutrisionis. Dari sini, Anda menunjukkan komitmen dalam menghadirkan makanan yang sesuai dengan kebutuhan dan kesehatan pelanggan.

Selain itu, penting bagi Anda untuk hanya menggunakan bahan pangan organik, dan diolah dengan cara sehat tanpa banyak mengurangi kandungan gizinya.

Estimasi awal untuk memulai bisnis ini yaitu di kisaran 15 hingga 20 juta, karena tentu Anda butuh perlengkapan yang memadai.

Anda bisa memasarkan jasa katering sehat ini melalui sosial media seperti Instagram, ataupun membangun relasi dengan komunitas-komunitas peduli kesehatan. 

3. Menjual Produk Kecantikan Alami
bisnis rumahan yang menjanjikan

Masih sejalan dengan tren hidup sehat, pangsa pasar produk kecantikan juga tengah didominasi oleh produk berbasis alam.

Konsumen umumnya memilih untuk mengurangi penggunaan zat kimia yang sering menimbulkan iritasi dan berbahaya jika dipakai dalam jangka panjang.

Ini bisa jadi peluang usaha yang menjanjikan di masa depan bagi Anda yang tertarik dengan dunia kecantikan.

Untuk memulai bisnis ini Anda perlu menemukan produsen yang tepat, kemudian membangun brand beserta nilai etiknya.

Apakah produk Anda memperhatikan keberlanjutan lingkungan hidup, tidak melakukan uji coba terhadap hewan, ataupun mengusung misi perdagangan yang adil bagi petani.

Anda bisa mengurasi produk ini dari berbagai produsen yang umumnya adalah industri rumahan berskala kecil dan menengah.

Jika Anda menjadi dropshipper, Anda hanya membutuhkan modal telepon genggam dan kuota internet saja. Selain itu raih reputasi yang baik melalui testimoni pelanggan, serta edukasi melalui kanal sosial media dan website. 

4. Membuka Kios Sembako
bisnis rumahan yang menjanjikan

Bisnis sembako memiliki prospek yang baik karena selama masyarakat masih membutuhkan bahan makanan pokok, maka bisnis ini akan terus berjalan.

Anda tidak perlu menyewa tempat khusus untuk berjualan, karena bisa saja Anda membuka kios di rumah sendiri. Pastikan juga Anda terhubung dengan distributor terpercaya yang menawarkan harga terbaik.

Anda bisa memulai dengan mempersiapkan etalase, timbangan, serta bahan pangan yang akan dijual. Dengan modal awal di bawah 10 juta, Anda bisa meraup keuntungan asalkan Anda tekun dan memiliki pencatatan keuangan yang baik.

Bangun kepercayaan pelanggan, khususnya di sekitar tempat tinggal Anda, misalnya dengan memberikan pelayanan yang ramah serta harga yang wajar.

5. Menjual Jasa Desain
bisnis rumahan yang menjanjikan

Di era komunikasi digital, seluruh lini bisnis hingga non-profit sekalipun akan selalu membutuhkan desain visual dalam pemasaran dan penyampaian pesan.

Itulah mengapa jasa desain tergolong sebagai bisnis rumahan online dengan profit yang terus meningkat seiring tingginya angka permintaan.  

Anda bisa menempuh pendidikan formal sebagai perancang grafis, mengikuti kursus informal secara daring, atau belajar mandiri.

Keterampilan ini menjadi investasi awal dalam membangun bisnis sendiri ataupun bersama kolega Anda.

Peluang usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar selama Anda telah memiliki perangkat teknologi yang dibutuhkan seperti PC ataupun laptop.

Memulai bisnis dari rumah membutuhkan kebulatan tekad, kemauan untuk terus belajar, hingga keterampilan komunikasi dengan pelanggan dan klien.

Tidak perlu ragu untuk memulai karena Anda bisa terus mengasah kemampuan serta meningkatkan brand Anda seiring berjalannya waktu.

Selamat mengawali langkah kecil Anda dalam membangun bisnis rumahan yang menjanjikan.