Rekomendasi 4 Jenis Usaha Rumahan Makanan Ringan

Rekomendasi 4 Jenis Usaha Rumahan Makanan Ringan image

Bagi Anda tertarik dengan usaha modal kecil tapi menguntungkan, salah satu jenis peluang yang bisa ditekuni ialah usaha rumahan makanan ringan.

Selain itu, carilah makanan ringan atau camilan yang bahan bakunya bisa ditemukan dan didapatkan dengan mudah.

Namun yang terpenting ialah Anda diharuskan lebih kreatif mengemas camilan tersebut supaya terlihat lebih kekinian, supaya cepat laku.

Daftar Usaha Rumahan Makanan Ringan Tahun 2020

Berikut jenis usaha camilan kekinian yang bisa dimulai sejak dini, sebagai berikut :

1. Keripik Singkong

usaha rumahan makanan ringan

foto: winong.desa.id

Dapat dikatakan camilan keripik singkong ini dari dulu sudah ada. Jadi tidak mengherankan jika banyak orang menganggapnya sebagai camilan legendaris.

Makanan ringan ini bisa dikatakan sebagai sejenis camilan paling laris di masyarakat sebab rasanya yang enak dan renyah.

Wajar bila para pengusaha berlomba menjadikan camilan yang satu ini sebagai produk andalan mereka.

Hal ini terbukti dari banyaknya merk produk keripik singkong di swalayan atau di supermarket. Karena dikemas dengan menggunakan kemasan menarik dan unik, mereka berharap dapat menarik perhatian pembeli. 

2. Keripik Tahu

usaha rumahan makanan ringan

foto: fimela.com

Masih berkaitan dengan bahan dasar kedelai. Camilan keripik tahu juga bisa menjadi salah satu usaha rumahan menjanjikan khususnya bagi ibu rumah tangga.

Adapun tahu yang biasanya dijadikan sebagai bahan keripik ialah tahu pong.

Apalagi peminat keripik tahu ini sangat beragam, dari usia anak-anak hingga orang tua. Dengan demikian, peluang bisnis camilan ini sangat menjanjikan.

Hanya saja kendala untuk menjalankan usaha ini biasanya dari proses pembuatannya yang memakan banyak waktu.

Sementara peralatan yang diperlukan pada pembuatan tahu pong ini, diantaranya penggorengan, toples, wadah, Loyang dan lain sebagainya.

3. Keripik Pisang

usaha rumahan makanan ringan

foto: keepo.me

Di dunia kuliner, pisang tidak hanya dikonsumsi sebagai pencuci mulut. Sebab ada banyak orang memproduksi aneka macam olahan bahan dasar pisang. Salah satu camilan berbahan dasar buah pisang ialah keripik pisang. 

Keripik pisang bisa dijadikan sebagai camilan tradisional. Tapi, tetap melegenda sampai sekarang dan masih banyak digemari. Hal ini terbukti dari banyaknya pengusaha yang sukses menjual produk keripik pisang.

4. Keripik Kentang

usaha rumahan makanan ringan

foto: fimela.com

Selain keripik pisang, camilan yang bisa dijajakan dan mampu menghasilkan keuntungan yang cukup besar ialah keripik kentang. Hal tersebut wajar rasanya sebab keripik kentang rasanya sangat renyah dan enak.

Selain itu, kita juga jarang menemukan camilan keripik kentang dengan harga kisaran Rp. 1000 maupun Rp. 2000. Maka dari itu, kebanyakan usaha ini sudah dikuasai para produsen yang memproduksi keripik kentang berskala besar.

Namun tidak berarti memilih usaha keripik kentang tak memberikan keuntungan bagi pemilik modal kecil.

Jika pemilik usaha pandai berinovasi membuat camilan keripik kentang lebih unik dengan kemasan yang menarik, keripik kentang yang Anda produksi pun bisa menyaingi merk-merk yang sudah populer dari dulu.

Itulah beberapa ide usaha rumahan makanan ringan yang bisa Anda tiru untuk mendapatkan penghasilan sampingan. Semoga bermanfaat!