Peluang Usaha Makanan Yang Bisa Anda Coba

Peluang Usaha Makanan Yang Bisa Anda Coba image

Peluang usaha di bidang kuliner ini tak ada matinya, tiap orang pasti butuh makanan, bahkan lebih sekali dalam sehari.

Risikonya juga relatif kecil, kalau tidak laku bahkan bisa dimakan sendiri. Sehingga tak salah jika banyak yang berminat dan tertarik dengan peluang usaha makanan.

Namun cukup banyak ragamnya, sehingga agar bisa fokus ceruk pasarnya maka perlu dipilih dan dipilah mau menggarap ceruk pasar yang mana yang paling cocok dan peluang usahanya paling besar di lokasi usahanya.

Tiap lokasi usaha memiliki kondisi dan potensi pasar yang berbeda-beda. Berikut beberapa ragamnya.

Peluang Usaha Makanan Besar

peluang usaha makanan
Usaha makan besar, makanan pokok berupa nasi dan lauk pauknya, atau roti atau mie dengan aneka topingnya, atau kentang dengan lauknya, baik menu tradisional Indonesia, atau menu western atau Asian food, bisa dalam bentuk restoran rumah makan atau warung makan.

Modalnya biasanya cukup besar dan harus sudah punya resep andalan dan juga koki atau juru masak andalan.

Bisa dalam bentuk franchise, baik itu yang berasal dari luar negeri maupun lokal atau merk sendiri.

Bisa juga dalam bentuk usaha katering, yang sedang booming adalah usaha katering khusus, seperti catering menu untuk diet, menu sehat, menu bubur bayi dan lain sebagainya.


Peluang Usaha Makanan Kecil

peluang usaha makanan
Makanan kecil ini bisa berupa aneka jajanan pasar, kue basah atau berupa camilan makanan kering.

Setiap jenis ada keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Bisa membuatnya sendiri, diproduksi sendiri atau menerima titipan dari produk orang lain.


Peluang Usaha Minuman Kekinian

peluang usaha makanan
Selain usaha makanan bisa juga menjual aneka minuman kekinian, yang sedang ngetrend dan memiliki banyak penggemar. Mulai yang franchise juga maupun yang tidak.

Pilihannya ada banyak, mulai dari thai tea, greentea, lalu aneka minuman coklat, aneka coffee, aneka jus dan sup buah, atau juga es teller atau minuman bersoda hingga minuman jamu modern rempah-rempah yang juga sedang booming.

Mulai yang besar berbentuk café hingga yang berupa gerai kecil di pinggir jalan atau di dalam kampung - kampung juga bisa.

Masing-masing memiliki ceruk dan segmen pasarnya sendiri-sendiri.


Sesuaikan dengan Lokasi

peluang usaha makanan
Lokasi memiliki pengaruh yang cukup besar, sebagai contohnya, untuk usaha makanan di dekat sekolah SD maka jualan jajanan anak-anak lebih cocok jika dibandingkan menjual makanan berat.

Makanan pokok seperti nasi dan lauk pauknya, lebih cocok jika didirikan di lokasi yang di dekat lingkungan perkantoran atau pabrik dengan target konsumen para karyawan atau para pekerja pabrik yang sedang istirahat makan siang, atau sarapan juga bisa, jadi bukan anak sekolahan yang lebih sering membeli jajanan anak.

Pemilihan jenis usaha makanan yang cocok dan tepat sasaran akan mendatangkan tingkat BEP (Break Event Point) atau titik balik modal yang lebih cepat dan keuntungan yang besar secara stabil dan akan mudah berkembang.