Mengandung Banyak Vitamin, Ini 7 Manfaat Jus Wortel Bagi Kesehatan

Mengandung Banyak Vitamin, Ini 7 Manfaat Jus Wortel Bagi Kesehatan image

Apakah Anda sudah cukup asupan makanan sehat? Anda bisa memulai gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi salah satu jenis sayuran ini, Wortel.

Manfaat jus wortel bagi kesehatan ternyata sangat beragam. Hal ini karena banyaknya kandungan nutrisi dalam wortel.

Anda tentu sudah sering mengkonsumsi wortel dengan cara dimasak sebagai campuran sayuran.

Kandungan seratnya bermanfaat untuk mengontrol berat badan. Tapi apakah Anda tahu, wortel yang dibuat menjadi jus akan lebih mudah diserap nutrisinya oleh tubuh. 

Kandungan Nutrisi Dalam Wortel.

Selama ini orang-orang menganggap bahwa wortel baik untuk kesehatan mata. Hal ini karena kandungan vitamin A dalam wortel dipercaya baik dalam menjaga kesehatan mata.

Tapi ternyata ada kandungan nutrisi lain dalam wortel, yang turut memberikan manfaat lebih beragam.

Berdasarkan catatan di Food Data Central milik USDA (Kementrian Pertanian Amerika Serikat) satu gelas jus wortel mengandung beberapa nutrisi, diantaranya:

  • 94 kilokalori
  • 2.24 g kandungan protein
  • 0.35 g kandungan Lemak
  • 21.9 g  kandungan Karbohidrat
  • 1.89 g kandungan fiber

Dalam takaran yang sama, jus wortel juga memiliki beberapa kandungan vitamin dan mineral, diantaranya:

  • 689 milligrams (mg) kandungan potassium
  • 20.1 mg kandungan vitamin C
  • 0.217 mg kandungan vitamin B-1 atau thiamin
  • 0.512 mg kandungan vitamin B-6
  • 2.256 micrograms (mcg) kandungan vitamin A
  • 36.6 mcg of vitamin K

Manfaat Bagi Kesehatan.

Berikut ini beberapa daftar manfaat jus wortel bagi kesehatan Anda:

1. Baik Untuk Kesehatan Mata

Jus wortel mengandung beta karoten yang nantinya dalam tubuh bisa diolah menjadi vitamin A. Asupan vitamin A yang cukup dalam tubuh akan membuat kesehatan mata menjadi lebih baik. 

Beberapa gangguan mata seperti katarak, glaukoma, degenerasi makula, dan juga xerophthalmia bisa dicegah.

Manfaat jus wortel untuk mata lainnya adalah melindungi retina dan lensa mata Anda. Hal ini karena kandungan antioksidan alami yaitu, lutein dan zeaxanthin.

2. Baik untuk Kesehatan Kulit

manfaat jus wortel

Vitamin C merupakan antioksidan yang baik untuk kulit. Asupan yang cukup membuat kulit lebih sehat, membantu kulit lebih mudah memulihkan diri dari luka.

Anda yang memiliki masalah kulit kering atau psoriasis juga sangat disarankan untuk mengkonsumsi jus wortel ini.

3. Menjaga Fungsi Otak

Beta karoten tidak hanya baik untuk mata, kandungan ini juga baik bagi kesehatan otak. Asupan beta karoten yang cukup dalam tubuh juga bisa menurunkan resiko kepikunan dan juga meningkatkan fungsi kognitif.

4. Meningkatkan Kemampuan Metabolisme Tubuh

Kandungan Vitamin B dalam wortel sangat bermanfaat untuk memecah lemak, glukosa, dan protein supaya bisa diserap oleh tubuh secara efisien.

Dengan metabolisme yang baik, manfaat jus wortel untuk diet bisa dicapai, terlebih lagi, wortel mengandung banyak serat.

5. Mampu Mengontrol Kadar Kolesterol dan Tekanan Darah

manfaat jus wortel

Kandungan kalium dalam wortel bisa menyeimbangkan natrium dan juga cairan tubuh supaya tekanan darah bisa terjaga normal. Selain itu, dengan natrium yang diseimbangkan, kadar kolesterol dalam tubuh juga akan senantiasa terjaga normal.  

6. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Ibu hamil kerap disarankan untuk mengkonsumsi wortel. Nutrisi yang terkandung dalam wortel dipercaya mampu menguatkan tulang bayi yang ada dalam kandungan. 

Ibu hamil yang rutin mengkonsumsi jus wortel juga bisa mengurangi resiko kecacatan pada janin. Antioksidan dalam wortel baik untuk menjaga ibu dan janin dari radikal bebas.

Sistem kekebalan tubuh yang meningkat juga menjaga kesehatan ibu hamil senantiasa terjaga.  

7. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan dalam wortel dipercaya menjaga sel-sel tubuh dari ancaman kanker, seperti kanker prostat bagi laki-laki atau kanker payudara bagi perempuan.

Tips Membuat Jus Wortel

manfaat jus wortel

Cara membuat jus wortel sangat mudah. Tapi Anda perlu memilih wortel yang sudah matang dengan kondisi  mulus dan terlihat segar. Pastikan Anda mencuci wortel terlebih dahulu hingga bersih.

Untuk memudahkan kerja blender, kupas wortel menjadi potongan-potongan kecil, tambahkan air putih secukupnya, kemudian di blender. 

Hindari gula supaya nutrisi pada wortel tetap terjaga. Untuk memberikan rasa yang lebih manis, Anda bisa menambahkan campuran buah lain seperti jeruk atau apel.

Hidup akan terasa lebih nyaman jika tubuh senantiasa sehat. Anda bisa mulai dengan mengkonsumsi jus wortel yang memiliki kandungan banyak nutrisi.

Manfaat jus wortel bisa Anda rasakan secara optimal jika Anda rutin mengkonsumsinya.