Jangan Sepelekan! Inilah Manfaat Kebugaran Jasmani Bagi Anda

Jangan Sepelekan! Inilah Manfaat Kebugaran Jasmani Bagi Anda image

Tidak ada yang bisa memungkiri kebugaran jasmani mendatangkan banyak manfaat bagi seseorang. Tubuh yang selalu fit dan bugar menjadi kunci kesuksesan segala aktivitas anda sehari-hari.

Untuk memotivasi anda yang mungkin malas melatih kebugaran, berikut ulasan berbagai manfaat kebugaran jasmani yang mungkin anda belum tahu. 

Tidak Gampang Lelah

manfaat kebugaran jasmani

Selalu merasa lelah pastinya akan menghambat segala aktivitas yang ingin dilakukan. Tubuh yang tidak bugar menjadi salah satu penyebabnya.

Kondisi ini terjadi karena oksigen serta segala nutrisi yang dibutuhkan untuk menghasilkan energi tidak lancar. 

Alhasil, otot-otot menegang dan tidak rileks karena jantung anda tidak mampu bekerja dengan efektif untuk memproduksi lebih banyak energi. Kegiatan fisik seperti olahraga menjadi cara untuk menjaga kebugaran tubuh anda.

Terhindar dari Berbagai Penyakit Berbahaya

"Lebih baik mencegah daripada mengobati", kalimat ini benar adanya. Anda dapat mencegah dari terjangkit penyakit berbahaya dengan selalu menjaga kebugaran tubuh. 

Penyakit berbahaya yang mengancam jiwa seperti serangan jantung, stroke, diabetes, dan penyakit lainnya bisa dihindari dengan menjaga kebugaran tubuh. 

Saat anda melatih kebugaran dengan olahraga ataupun aktivitas fisik lainnya, seluruh organ tubuh termasuk jantung, paru-paru, dan otot bekerja keras menghasilkan energi. Sehingga peredaran darah menjadi lancar. 

Berbagai penyakit berbahaya penyebab utamanya karena terjadi penyumbatan aliran darah. Jadi, penting untuk selalu menjaga kebugaran tubuh lewat berbagai aktivitas fisik.

Tidak Perlu Sering Berolahraga

manfaat kebugaran jasmani

Banyak yang menjadikan alasan malas berolahraga karena kegiatan ini menyita banyak waktu, mungkin anda adalah salah satunya. Untuk memiliki tubuh bugar, olahraga setiap hari tidak perlu anda lakukan. 

Cukup dengan menyediakan waktu setidaknya 2 kali seminggu untuk berolahraga. Terdapat studi yang menyimpulkan bahwa frekuensi olahraga tidak begitu penting, yang terpenting adalah rutin olahraga.

Jadi, anda perlu menjadikan olahraga sebagai salah satu rutinitas yang tiap minggu harus dilakukan. 

Terhindar dari Stres

Kebugaran jasmani tidak hanya bermanfaat bagi fisik tapi membawa dampak baik bagi mental juga.

Kondisi stres yang disebabkan berbagai tekanan pekerjaan ataupun lingkungan sangat rentan anda alami jika anda kurang berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lainnya. 

Pasti anda bertanya, Apa hubungan antara olahraga dan stres?. Jawabannya, disaat anda berolahraga maka akan memicu pengeluaran hormon endorfin dan hormon serotonin yang dikenal sebagai hormon bahagia.

Hormon tersebut mampu memperbaiki mood, membuat anda rileks dan tenang sehingga mengurangi stres dan rasa sakit. 

Berat Badan Terkendali

Tubuh yang bugar tentunya dibarengi dengan kesehatan dan berat badan yang terkendali. Saat anda melatih kebugaran jasmani dengan berolahraga, akan banyak kalori yang terbakar untuk menghasilkan energi.

Dengan hal ini, bagi anda yang mungkin mengalami obesitas akan mengalami penurunan berat badan. 

Sedangkan untuk anda yang sudah memiliki berat badan ideal akan mampu dipertahankan dengan rutin berolahraga.

Berat badan yang tetap terkontrol akan membuat tubuh tetap bugar dan terhindar dari banyak penyakit yang berbahaya.

Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

manfaat kebugaran jasmani

Tidur pulas dan bangun di pagi hari dengan segar menjadi penanda bahwa tidur anda berkualitas. Namun jika yang anda alami justru sebaliknya maka anda kemungkinan dalam keadaan tidak bugar dan fit.

Dengan berolahraga, kebugaran tubuh akan terjaga dan berimbas pada tidur yang semakin nyenyak. 

Hal ini dapat terjadi karena saat olahraga anda membakar banyak kalori yang membuat anda kelelahan. Kelelahan yang anda rasakan mampu melemaskan otot-otot sebelum tidur sehingga menjadikan tidur lebih pulas.

Mengoptimalkan Kerja Otak

manfaat kebugaran jasmani

Banyak studi yang meneliti kaitan antara olahraga dengan kinerja otak seseorang. Jadi bisa dibilang saat tubuh anda bugar karena rutin berolahraga maka otak anda akan bekerja lebih optimal. 

Saat anda berolahraga maka akan memicu pengeluaran hormon serotonin pada otak.

Hormon serotonin mampu meningkatkan kapasitas kerja otak sehingga membuat anda lebih konsentrasi, meningkatkan pemahaman, dan lebih mudah mengatur emosi. 

Seluruh manfaat kebugaran jasmani yang telah diulas di atas bisa anda rasakan jika rutin berolahraga.

Jadi mulai sekarang, sempatkanlah melakukan aktivitas fisik dengan berolahraga untuk tetap menjaga tubuh tetap bugar dan sehat.