Inilah 6 Manfaat Beras Merah untuk Meningkatkan Kesehatan

Inilah 6 Manfaat Beras Merah untuk Meningkatkan Kesehatan image

Manfaat beras merah untuk kesehatan telah terbukti sejak lama. Nasi dari beras merah kini banyak menjadi pilihan utama bagi masyarakat sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi putih.

Banyak anggapan yang meyakini bahwa beras merah memiliki nutrisi yang lebih banyak dibanding mengonsumsi nasi putih biasa.

Kesadaran masyarakat akan kesehatan semakin meningkat. Inilah yang membuat mereka lebih memilih nasi merah meskipun harganya sedikit lebih mahal.

Untuk lebih jelasnya, inilah beberapa manfaat mengonsumsi beras merah untuk menunjang kesehatan Anda.

1. Mengontrol Gula Darah

manfaat beras merah

Beras merah memiliki indeks glikemik yang rendah, yakni berkisar 50-55. Indeks glikemik pada bahan makanan akan menentukan seberapa cepat peningkatan kadar gula darah dalam tubuh.

Semakin tinggi indeks glikemik, maka glukosa dalam darah lebih cepat mengalami lonjakan. 

Dengan mengonsumsi beras merah, Anda dapat mengontrol gula darah sehingga masih dalam batas aman. Beras merah juga dikenal sebagai sumber karbohidrat kompleks yang dapat mengubah glukosa menjadi energi dalam jumlah yang lebih besar.

Dengan demikian, orang yang mengonsumsi beras merah memiliki risiko gula darah tinggi yang kecil. 

Banyak pakar kesehatan yang lebih menganjurkan beras merah bagi penderita diabetes karena bisa mengontrol gula darah.

Sedangkan bagi orang dengan risiko diabetes, beras merah juga baik untuk sumber energi sebagai pengganti karbohidrat sederhana.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Beras merah memiliki kandungan serat yang terbilang tinggi. Bahan makanan yang kaya akan serat akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama jika mengkonsumsinya.

Cara ini dapat menghindarkan Anda makan berlebihan karena tetap kenyang. 

Selain itu, beras merah juga kaya akan nutrisi lain berupa vitamin B, zat besi, mangan, kalium, natrium, dan zinc.

Kebaikan nutrisi ini tentunya sangat disarankan bagi Anda yang sedang menurunkan diet. Inilah salah satu keunggulan beras merah untuk diet.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

manfaat beras merah

Beras merah memiliki kandungan selenium tinggi yang baik untuk menjaga jantung agar tetap sehat. Selain itu, kandungan serat dan juga antioksidan tinggi pada beras juga membantu membersihkan plak yang menyumbat pembuluh darah.

Sehingga aliran darah ke seluruh tubuh lebih lancar. 

Mengganti beras putih dengan beras merah menjadi salah satu cara ampuh untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Kemampuan beras merah untuk membantu melancarkan aliran darah juga bisa menurunkan risiko terjadinya gangguan kesehatan pada jantung seperti hipertensi hingga penyakit stroke. 

4. Melancarkan Pencernaan

Sistem pencernaan merupakan salah satu hal yang menunjang kesehatan tubuh seseorang. Mengonsumsi beras merah bisa menjadi salah satu tips untuk menjaga sistem pencernaan tetap lancar.

Beras merah kaya akan serat yang dibutuhkan untuk melancarkan pencernaan. 

Apalagi bagi Anda yang sedang menjalankan diet. Pencernaan yang baik turut membantu proses penurunan berat badan dengan efektif.

Dengan mengonsumsi beras merah setiap hari, Anda juga dapat terhindar dari gangguan pencernaan seperti sembelit.

5. Mengatur Kadar Kolesterol

manfaat beras merah

Kadar kolesterol yang tinggi bisa memicu timbulnya berbagai penyakit seperti serangan jantung, hipertensi, dan juga stroke. Anda bisa tetap menjaga kadar kolesterol dalam batas aman dengan mengonsumsi beras merah.

Beras merah termasuk dalam biji-bijian yang efektif menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. 

Dengan jumlah kolesterol yang terpantau rendah, Anda bisa terhindar dari ancaman sederet penyakit terutama yang berkaitan dengan jantung. Bagi penderita kolesterol tinggi, disarankan memperbanyak konsumsi beras merah.

6. Meningkatkan Produksi ASI

Ibu menyusui pastinya membutuhkan asupan makanan bergizi agar produksi ASI selalu lancar dan melimpah. Salah satu kebaikan beras merah untuk ibu menyusui yaitu dapat meningkatkan produksi ASI untuk bayi.

Beras merah dapat merangsang kelenjar susu dalam proses laktasi. 

Di samping itu, beberapa penelitian juga menyatakan bahwa mengonsumsi beras merah dapat menurunkan risiko stress pasca melahirkan yang dapat mengganggu produksi air susu.

Dengan demikian, beras merah juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas ASI yang diproduksi.

Itulah sederet manfaat beras merah yang dapat meningkatkan kualitas kesehatan Anda. Kini Anda bisa memulai konsumsi beras merah untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat.

Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan menerapkan pola hidup sehat dengan berolahraga secara teratur.