Ini Dia 4 Cara Memulai Bisnis Online Dari Awal

Ini Dia 4 Cara Memulai Bisnis Online Dari Awal image

Bagaimana cara memulai bisnis online? Ya, kehadiran bisnis online, dewasa ini semakin menjamur. Untuk urusan transaksi jual beli, tidak sedikit pedagang yang mulai mengalihkan penjualannya ke online.

Anda tentu sudah familiar dengan usaha online ini, ada banyak pengusaha online yang mampu meraup banyak untung tanpa harus membuka lapak secara fisik.

Darimana Cara Memulai Usaha Online?

Bagi Anda yang bingung memulai salah satu bentuk usaha rumahan ini, berikut ada beberapa tips yang harus diperhatikan :

1. Cari Inspirasi dari Kerabat atau Teman

cara memulai bisnis online

Sebelum memulai usaha online, sebaiknya Anda meriset apa saja produk yang sedang banyak dicari oleh masyarakat sekarang ini.

Anda bisa saja memilih produk yang saat ini selalu dibutuhkan oleh semua orang atau produk yang sedang ngetren. 

Anda dapat memulai riset tersebut ketika berkumpul bersama kerabat, teman atau bersama keluarga. Lalu ketahui apa saja yang sering diutarakan oleh mereka soal produk tertentu yang sedang ramai diperbincangkan.

Kemudian cari tahu supplier produk tersebut, carilah supplier yang menawarkan harga termurah.

2. Pilih Produk yang Ingin Dijual

cara memulai bisnis online

Anda juga dapat meriset produk di internet dengan cara mencari keyword yang sedang banyak dicari tentang suatu produk tertentu.

Semakin banyak orang yang mencarinya, maka ini menandakan bahwa produk tersebut sedang dibutuhkan.

Tapi ingat, kompetisi untuk menjual produk tersebut juga tentu tidak mudah. Sebab pasti banyak sekali orang yang memiliki pemikiran serupa.

Oleh karena itu, sebaiknya pikirkan matang-matang tentang produk yang hendak dijual untuk menambah penghasilan.

3. Pilih Metode Penjualan

cara memulai bisnis online

Cara memulai bisnis online berikutnya ialah dengan memilih sistem atau metode penjualan. Dunia online atau digital memang mempermudah manusia dalam berbagai hal.

Tidak terkecuali dalam mendapatkan produk lalu kemudian menjualnya lagi dengan keuntungan sesuai harga jual produk yang Anda tetapkan.

Salah satu metode penjualan yang banyak diterapkan saat ini ialah metode dropshipper. Dimana sistem ini mempermudah Anda tanpa harus memiliki modal atau menyimpan stok produk yang akan dijual terlebih dahulu.

Biarkan penjual utama atau supplier yang melakukannya.

4. Buat Website

cara memulai bisnis online

Jika Anda memiliki modal untuk memulai sebuah usaha, Anda bisa saja memilih menjadi supplier. Anda dapat menyimpan stok barang sampai pengiriman produk.

Hal ini memang dapat meningkatkan kredibilitas usaha Anda sebagai seller di mata pembeli.

Maka dari itu, Anda wajib membuat website sendiri sebagai etalase tempat berjualan produk Anda secara online.

Situs web ini adalah pusat aktivitas usaha online Anda sekaligus sebagai tempat untuk menyimpan data-data pembeli yang mungkin akan dibutuhkan suatu saat nanti.

Dengan 4 cara memulai bisnis online di atas, Anda tidak perlu bingung lagi harus memprioritaskan yang mana terlebih dahulu.

Selanjutnya, Anda tinggal memikirkan bagaimana mengembangkan bisnis online Anda agar tetap bertahan atau bahkan meningkat!