Bagus Untuk Kesehatan, Ini Dia 8 Manfaat Labu Siam

Bagus Untuk Kesehatan, Ini Dia 8 Manfaat Labu Siam image

Labu siam adalah sayuran berwarna hijau muda dan berbentuk mirip buah pir. Sayuran ini masih masuk dalam cucurbitaceae atau labu.

Manfaat labu siam sangat beragam dan memiliki rasa yang ringan dan tekstur yang agak renyah yang menyerupai kombinasi mentimun dan kentang.

Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan

Labu mungkin tidak sepopuler sayuran lainnya, tetapi sebenarnya sayuran ini memiliki rekam jejak yang sangat baik dalam hal manfaat kesehatan. Berikut manfaat kesehatan yang didapat:

1. Tidak Mengandung Kolesterol dan Lemak Jahat

Yang pertama, labu siam tidak mengandung kolesterol dan lemak tidak sehat. Biasanya direkomendasikan untuk mengendalikan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan berat badan yang sehat.

2. Kaya Serat

manfaat labu siam

Manfaat labu siam untuk kesehatan lainnya adalah labu siam merupakan sumber makanan yang kaya serat, magnesium, fosfor, kalium, vitamin C dan kolin.

Sebagai makanan prebiotik yang kaya serat, labu siam membantu mencegah sembelit sambil mendorong bakteri sehat untuk mengisi usus.

Seperti yang ditunjukkan oleh penelitian sekarang, kesehatan usus memainkan peran utama dalam kesehatan fisik dan mental.

3. Mengandung Folat

Manfaat lain dari sayuran ini adalah kandungan folatnya yang bermanfaat untuk pembelahan sel dan sintesis DNA.

Labu siam juga bagus untuk wanita hamil karena folat dari labu siam membantu menghambat cacat saraf pada bayi.

Manfaat labu siam rebus untuk ibu hamil akan mencegah kekurangan folat. Kekurangan folat dapat menyebabkan banyak gejala yang tidak diinginkan.

Gejalanya seperti kurangnya energi, fungsi kekebalan tubuh yang buruk, dan gangguan pencernaan.

4. Terdapat Antioksidan

Labu siam juga memiliki sejumlah kecil aglycone flavonoid polyphonic antioxidants dalam apigenin dan luteolin.

Nutrisi ini sangat penting dalam membantu memerangi radikal bebas dan spesies oksigen reaktif (ROS) dalam tubuh. Keduanya berperan dalam menghambat perkembangan kanker.

5. Antimikroba Alami

manfaat labu siam

Antimikroba adalah sesuatu yang membunuh mikroorganisme atau menghentikan pertumbuhannya.

Ekstrak daun, batang, dan biji labu siam telah terbukti memiliki manfaat antimikroba terhadap bakteri yang sering resisten terhadap antibiotik. Seperti bakteri stafilokokus yang resisten terhadap metisilin.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal, Microbial Ecology in Health and Disease telah membuktikan kebenarannya.

Penelitian ini menunjukkan bagaimana ekstrak labu siam menunjukkan aktivitas antimikroba yang mengesankan. Dan bahkan memiliki potensi penggunaan klinis.

6. Meningkatkan Kesehatan dan Fungsi Hati

Berbagai penelitian telah menunjukkan bagaimana labu siam dapat membantu meningkatkan kesehatan dan fungsi hati.

Satu studi yang diterbitkan pada tahun 2014 dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, menemukan manfaat labu siam.

Penelitian ini menemukan bahwa ekstrak labu siam  telah terbukti menurunkan kadar kolesterol. Selain itu juga dapat membantu mencegah penyakit hati dengan kadar lemak tinggi.

Penelitian pada hewan yang diterbitkan pada tahun 2015 menunjukkan bagaimana ekstrak labu siam mampu mengakumulasi lemak di hati. Dan bahkan mengurangi obesitas pada hewan karena kelebihan lemak.

Meski masih diperlukan lebih banyak penelitian klinis, labu siam telah terbukti dapat memberi manfaat besar bagi kesehatan hati.

7. Pencegah Kanker

Secara umum, konsumsi sayuran dan buah-buahan bagus untuk penurunan risiko terkena kanker. Begitu juga dengan sayuran ini, labu dapat membantu mencegah pembentukan kanker dalam tubuh.

Lebih khusus, penelitian in vitro (tabung reaksi) baru-baru ini menunjukkan hal positif. Ditemukan bahwa senyawa yang ada dalam labu siam dapat menghambat perkembangan sel kanker tertentu seperti leukemia dan kanker serviks.

8. Memiliki Beragam Kandungan Nutrisi

Jika Anda bertanya-tanya apa manfaat labu siam dan kandungan nutrisinya, di bawah ini adalah kandungan satu mangkuk labu siam:

  • 25 kalori
  • 1.1 gram protein
  • 0 gram lemak
  • 6 gram karbohidrat
  • 2,2 gram serat
  • 2,2 gram gula
  • 123 mikrogram folat 
  • 10,2 miligram vitamin C 
  • 0,2 miligram mangan 
  • 5,4 mikrogram vitamin K 
  • 1,0 miligram seng 
  • 165 miligram kalium 
  • 0,1 miligram vitamin B6 
  • 15,8 miligram magnesium 
  • 0,6 miligram niacin 

manfaat labu siam

Itulah manfaat labu siam yang harus Anda ketahui. Dengan mengkonsumsi labu siam secara teratur tubuh Anda akan terhindar dari penyakit dan mampu menguatkan pertahanan diri. Semoga informasinya membantu.