9 Manfaat Kurma yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

9 Manfaat Kurma yang Baik untuk Kesehatan Tubuh image

Siapa yang tidak tahu buah kurma? Buah timur tengah yang populer dikonsumsi pada bulan ramadhan itu terkenal akan teksturnya yang empuk dan rasanya manis.

Selain enak untuk disantap saat berbuka puasa, kurma ternyata memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Untuk mengetahui manfaat kurma bagi tubuh manusia, Simak ulasan berikut ini.

Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan

Kurma adalah salah satu buah dari timur tengah yang biasanya dikeringkan seperti kismis sebelum dikonsumsi. Buah tersebut memiliki kandungan gizi yang cukup banyak dan baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Beberapa kandungan dari kurma antara lain yaitu vitamin B6, magnesium, energi, karbohidrat, serat, folat, vitamin A, kalium, kalsium, fosfor, seng dan karoten. Lalu, apa saja manfaat mengkonsumsi buah kurma bagi kesehatan tubuh?

1. Menjaga Sistem Pencernaan

Buah kurma sangat baik untuk pencernaan karena kandungan seratnya. Buah ini bisa mencegah sekaligus mengobati sembelit atau susah buang air besar.

Serat larut yang terkandung dalam kurma dapat membantu pergerakan usus sehingga pencernaan menjadi lancar.

Belum lagi kandungan fenolik dalam kurma juga baik untuk mencegah dari gangguan usus dan mengurangi resiko terkena kanker usus.

2. Baik untuk Tulang

manfaat kurma

Kalsium, fosfor dan kalium adalah kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tulang.

Di dalam kurma terdapat banyak sekali kandungan mineral seperti kalium dan kalsium yang dapat memperkuat kekuatan tulang dan mencegahnya dari penyakit tulang keropos dan rapuh seperti osteoporosis.

3. Dapat Mengatasi Anemia

Salah satu manfaat kurma pengobatan adalah mengatasi anemia. Kandungan zat besi yang terkandung dalam kurma sangat baik untuk membantu mengobati penyakit anemia, meningkatkan energi sehingga tubuh tidak lesu.

Selain itu, dengan mengkonsumsi kurma setiap hari juga baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan membantu kerja jantung.

4. Menjaga Berat Badan

Kandungan gizi yang terkandung dalam kurma seperti karbohidrat, serat, protein dapat membantu menjaga berat badan tetap ideal.

Atau jika Anda adalah orang yang memiliki masalah dalam menaikkan berat badan, bisa mengkonsumsi kurma dengan jumlah yang sesuai.

Kurma juga bisa dijadikan salah satu menu diet sehat Anda mengingat kurma mengandung energi yang bisa menjaga energi tubuh Anda.

Manfaat kurma untuk diet lainnya yaitu membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga Anda dapat menjaga nafsu makan Anda.

5. Menjaga Sistem Saraf dan Otak

manfaat kurma

Di dalam kurma terkandung vitamin B dan kalium yang baik untuk kesehatan sistem saraf. Hal ini menjadikan kurma baik untuk dikonsumsi oleh orang yang sudah menua guna menjaga sistem saraf mereka yang mulai lamban.

Kalium dalam kurma juga bagus dalam mengatur oksigen dalam tubuh dan otak sehingga cairan dalam tubuh bisa bekerja dengan lancar serta mempertajam ingatan.

Karena itu, kurma juga bisa mencegah resiko terkena kanker otak, demensia dan alzheimer. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma setiap hari dengan jumlah yang sedang.

6. Menjaga Jantung dan Mencegah Stroke

Kurma mengandung potasium, magnesium dan kandungan asam fenolik yang bisa membantu mencegah hipertensi, mengurangi resiko terkena stroke dan penyakit jantung.

Serat yang ada pada kurma juga bisa mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh sehingga kesehatan jantung bisa tetap terjaga.

7. Mencegah Diabetes

Serat yang ada pada kurma ternyata juga bisa membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh sehingga bisa mengurangi resiko terkena diabetes.

Walaupun rasanya manis, dengan mengkonsumsi kurma dalam jumlah sedang bisa membantu Anda terhindar dari resiko terkena diabetes.

8. Antioksidan

Kurma juga tinggi akan antioksidan yang dapat melindungi sel dari radikal bebas sehingga dapat mencegah tubuh dari gangguan berbagai penyakit, peradangan, stres dan penyakit lainnya.

Karotenoid yang terkandung dalam tubuh juga bisa mengurangi resiko terkena kanker, mengurangi rabun senja dan mengurangi peradangan.

9. Membantu Proses Persalinan Ibu Hamil

Salah satu manfaat kurma untuk ibu hamil adalah dapat membantu dalam proses persalinan. Kandungan yang ada dalam kurma dapat membantu kontraksi serta dapat mengurangi induksi dalam persalinan.

manfaat kurma

Itulah beberapa manfaat kurma yang ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan dalam tubuh. Untuk itu, Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma saat berbuka dan mengkonsumsinya setiap hari.

Tetapi jangan mengkonsumsinya secara berlebihan melainkan dengan jumlah yang sedang karena segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik untuk tubuh dan kesehatan Anda.