9 Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan

9 Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan image

Mawar tidak hanya dipergunakan untuk hiasan maupun simbol cinta, namun air mawarnya juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan.

Manfaat air mawar tersebut bisa Anda peroleh karena ada senyawa yang bernama phenolic. Senyawa tersebutlah yang merupakan bahan aktif yang sifatnya antioksidan.

Dalam air mawar juga terdapat efek antibakteri, antivirus, antiseptic, menghambat pertumbuhan sel kanker dan meredakan nyeri.

Setidaknya terdapat 9 manfaat air mawar yang akan Anda dapatkan dengan penggunaan yang teratur.

1. Melembabkan Kulit pada Wajah

Dalam air mawar terdapat kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah kulit kering dan kusam serta melembabkan kulit wajah. 

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menyemprotkan air mawar ke bagian tubuh atau wajah yang kering. Jikapun wajah Anda terlalu kotor karena seharian di luar ruangan, Anda bisa menggunakan air mawar sebagai toner.

2. Membuat Kulit Terlihat Awet Muda

manfaat air mawar

Manfaat air mawar untuk wajah adalah menghambat penuaan dini. Jadi, kerutan halus misalnya di wajah dan garis halus bisa disamarkan karena air mawar mengandung antioksidan.

Selain itu, antioksidan pada air mawar dapat membantu menangkal radikal bebas.

Bahkan di beberapa penelitian, dalam air mawar terdapat kandungan yang bernama rose hip seeds. Dalam kandungan tersebut terdapat vitamin C yang cukup tinggi untuk mencegah kerutan di wajah.  

3. Mencegah dan Mengurangi Jerawat

Untuk Anda yang memiliki tipe wajah yang rentan berjerawat, air mawar bisa menjadi solusi yang tepat. Air mawar mempunyai pH yang sedikit asam namun bisa mengembalikan keseimbangan pH kulit. 

Selain itu, kandungan antibakteri dan antiseptik pada air mawar bisa menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat. Manfaat tersebut bisa diperoleh dengan cara menggunakan air mawar untuk jerawat sebagai toner. 

Tuang air mawar ke kapas terlebih dahulu lalu usapkan ke seluruh bagian wajah. Lakukan cara tersebut saat pagi dan malam hari sebelum tidur.

Dengan melakukan cara ini secara teratur, wajah menjadi bebas berjerawat dan menyamarkan bekasnya.

4. Mengurangi Mata Lelah

Pekerjaan yang menumpuk menjadi salah satu penyebab mata lelah atau mata panda.

Untuk mengurangi lingkaran hitam pada mata tersebut, Anda bisa menuangkan beberapa tetes air mawar pada kapas. Kemudian, tempelkan ke bagian mata dan diamkan selama 20 menit.

5. Meredakan Peradangan Kulit

Air mawar dapat dipergunakan untuk mengurangi peradangan kulit, meredakan gejala penyakit rosacea dan eksim. Ini karena air mawar memiliki kandungan flavonoid dan polifenol yang bersifat anti radang dan antioksidan. 

Cara menggunakan air mawar untuk mengatasi peradangan adalah dengan membasahi kapas dengan air mawar lalu oleskan ke area peradangan pada kulit.

6. Mencerahkan Kulit Wajah

manfaat air mawar

Jika Anda memiliki wajah kusam, Anda bisa mengkombinasikan air mawar dengan air lemon.

Setelah itu, aplikasikan secara merata ke kulit Anda dan diamkan selama 15 menit. Kemudian, bilas menggunakan air bersih.

Lakukan cara tersebut dengan teratur agar wajah Anda terlihat lebih cerah dan tidak kusam. 

7. Menyempurnakan Riasan

Untuk Anda yang ingin riasannya sempurna, Anda bisa menggunakan air mawar sebagai pelengkapnya. Caranya dengan menyemprotkan air mawar secukupnya ke wajah ketika make up sudah terlihat kusam.

Menyemprotkan air mawar ke riasan juga dapat membuat riasan tahan lama dan menghilangkan kesan cakey. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan riasan yang kembali segar.

8. Make up Removal

Ketika pembersih riasan Anda habis, air mawar bisa menjadi penggantinya. Air mawar tersebut dapat digunakan siapa saja terutama jika untuk memiliki kulit wajah yang sensitif. 

Sebelum menggunakan air mawar sebagai make up removal, siapkan air mawar dan minyak zaitun. Campurkan dan aplikasikan ke wajah Anda.

9. Mencerahkan dan Melembabkan Bibir

Air mawar tidak hanya memberikan manfaat untuk kulit namun juga untuk bibir.

Pada air mawar, terdapat vitamin C untuk memperlambat penuaan kulit dan mencerahkan bibir. Agar bibir lebih cerah, Anda hanya perlu mengoleskan air mawar sebelum Anda tidur setiap 2 hari sekali.

Air mawar juga memiliki kandungan Vitamin E untuk mencerahkan wajah dan melembabkan bibir. Jadi, dari manfaat air mawar untuk bibir tersebut, membuat bibir Anda akan tidak terlihat pucat dan kering.

manfaat air mawar

Itulah 9 manfaat air mawar yang tidak hanya untuk kecantikan kulit wajah namun juga kelembaban bibir. Selamat mencoba dan mendapatkan manfaat tersebut!