7 Manfaat Timun Bagi Kesehatan Yang Wajib Anda Ketahui

7 Manfaat Timun Bagi Kesehatan Yang Wajib Anda Ketahui image

Timun merupakan buah yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia karena banyak dikonsumsi.

Timun sering dijadikan lalapan keluarga Indonesia atau juga dibuat sebagai acar dan pelengkap sajian masakan. Manfaat timun juga banyak bagi kesehatan Anda semua. 

Dalam sebuah timun terdapat banyak kandungan zat seperti protein,  karbohidrat, kalsium, zat besi,  magnesium.

Selain itu terdapat pula kandungan  vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin K dan vitamin C. Sedangkan biji timun punya kandungan alkaloid yang baik untuk anak-anak.

Manfaat Timun Yang Bisa Dirasakan Orang Banyak

Selain beberapa kandungan di atas terdapat kandungan utama pada timun yaitu air. Tentu Anda tahu jika air sangat baik bagi tubuh, timun bisa membantu mencukupi asupan air di tubuh.

Selain itu,  apalagi manfaat timun bagi tubuh?  Simak berikut ini.

1. Menurunkan Tekanan Hipertensi

manfaat timun

Manfaat mentimun untuk hipertensi bisa sangat dirasakan karena kandungan kalium yang ada di dalamnya. Kalium mampu mengatur jumlah garam yang ada pada ginjal.

Sementara penderita hipertensi biasanya memiliki kadar sodium yang tinggi.

Sodium yang berlebihan dalam tubuh bisa meningkatkan tekanan darah. Sementara manusia tidak selalu bisa mendapatkan asupan kalium setiap hari. 

Kadar sodium harus diseimbangkan pada ginjal, lalu dengan mengkonsumsi timun maka kalium bisa menetralkan garam pada tubuh. Sehingga nantinya darah pada tubuh bisa stabil kembali.

2. Mencegah Terjadinya Dehidrasi

Karena kandungan air pada timun cukup banyak maka saat Anda bisa membuatnya menjadi infused water. Caranya yaitu dengan mengiris tipis timun lalu masukkan ke dalam botol infused water.

Apalagi bagi Anda yang terkadang bosan jika harus banyak mengkonsumsi air mineral. Timun bisa menjadi alternatif agar Anda tetap rajin minum air. Minum air dalam jumlah cukup tentu membuat Anda tidak mudah dehidrasi.

3. Mengurangi Bengkak Pada Mata

Manfaat mentimun bagi wajah bisa Anda rasakan saat mata begitu lelah karena bekerja hingga larut. Atau bisa juga karena Anda terlalu lama berada didepan layar komputer sehingga mata menjadi bengkak. 

Caranya sangat mudah yaitu dengan mengiris timun tipis-tipis lalu letakkan pada permukaan mata. Anda bisa melakukan ini selama 15 menit. Masker mata menggunakan timun ini bisa Anda lakukan secara rutin.

4. Menyehatkan Tulang

manfaat timun

Mentimun memiliki kandungan vitamin K yang bisa menjaga kesehatan tulang. Aturan makan timun untuk mencukupi vitamin K harian yaitu satu mampu beserta kulitnya.

Dalam satu mangkuk mentimun ini bisa menghasilkan 20% dari target harian.

Nutrisi yang ada pada timun bisa melakukan pembentukan tulang. Sementara kadar vitamin K yang rendah bisa meningkatkan resiko patah tulang. Jadi makan timun secara rutin cukup baik bagi tulang Anda. 

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan kalium pada timun bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung Anda. Orang yang rajin mengkonsumsi timun lebih rendah tingkat stroke-nya daripada yang tidak.

Kandungan ini juga memungkinkan Anda terhindar dari penyakit kardiovaskular. 

Konsumsi timun sebanyak 152 mg untuk mencukupi asupan kalium pada tubuh Anda. 

6. Menghambat Penyakit Kanker

manfaat timun

Bingung juga bisa melindungi tubuh Anda dari sel kanker yang berbahaya. Ini karena kandungan lignin dan cucurbitacun di dalam sebuah timun. 

Bahkan timun memiliki kemampuan menghambat pertumbuhan sel kanker prostat yaitu karena kandungan flavonoid fisetin didalamnya. 

Anda bisa mengkonsumsi timun dengan langsung memakannya, diolah menjadi jus timun, atau dibuat menjadi infused water. Apalagi jika diolah menjadi infused water timun bisa mencukupi asupan air pada tubuh.

7. Menurunkan Berat Badan

Timun juga sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Timun yang dimakan langsung atau dibuat jus bisa mengurangi kalori pada tubuh.

Timun yang diolah menjadi minuman ini bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

Disamping itu kalorinya juga cukup rendah dan membuang metabolisme dari tubuh serta mengurangi deposit lemak pada tubuh.

Timun yang Anda konsumsi sangat bisa menghilangkan rasa haus dan mencukupi cairan dalam tubuh.

Demikian beberapa manfaat timun bagi tubuh manusia. Jadi tidak ada salahnya bila Anda rutin mengkonsumsi timun baik secara langsung maupun diolah menjadi berbagai makanan sehat.

Namun jangan pula mengkonsumsi timun secara berlebihan,  bisa membuat perut kembung karena banyak kandungan airnya.