7 Bisnis Rumahan Modal Kecil yang Mudah Dijalankan

7 Bisnis Rumahan Modal Kecil yang Mudah Dijalankan image

Bingung mau mulai menjalankan bisnis dari mana? Coba bisnis rumahan modal kecil yang mudah dijalankan cukup dari rumah.

Bisa dijalankan sambilan walaupun Anda punya pekerjaan di luar. Selain itu, jika ditekuni ternyata bisnis ini berpotensi mendapatkan penghasilan yang sangat signifikan.

Beberapa jenis bisnis rumahan ini juga cocok untuk para wanita yang ingin memilih kerja dari rumah.

Ya, di masa revolusi industri 4.0 sekarang ini, teknologi bisa membantu orang bekerja cukup dari rumah dengan modal yang kecil saja.

Apa saja di antara bisnis rumahan dengan modal kecil yang bisa Anda jalankan?

Bisnis Waralaba Makanan
bisnis rumahan modal kecil

Tahukah Anda jika saat ini sudah marak jenis bisnis waralaba makanan skala rumahan dengan modal terjangkau.

Anda bisa jualan ayam geprek, aneka roti, minuman dengan outlet rumahan yang disediakan oleh produsen tertentu. Modal bisnis rumahan waralaba makanan ini berada di kisaran angka Rp3 juta hingga Rp5 juta.

Bisnis ini bisa Anda jalankan sampingan di rumah dan cocok untuk ibu-ibu yang mau jualan tapi ingin yang praktis dan tidak repot memikirkan soal rasa.

Outlet, produksi makanan semua sudah disediakan, jadi cukup tinggal berjualan.

Jadi Youtuber
bisnis rumahan modal kecil

Mau serius kerja yang enak dan bakal terkenal? Cobalah serius jadi youtuber. Sangat menjanjikan apalagi jika Anda termasuk generasi milenial atau generasi Z.

Bila ingin serius menjadi youtuber maka bisa memulai modal yang serius dan ide-ide kreatif.

Berapa modal jadi youtuber? Sebenarnya jika ingin profesional modalnya bisa puluhan juta, tetapi jika masih awal cukup dengan modal kamera, tripod dan beberapa peralatan rekaman seperti tripod, pencahayaan dan sejenisnya.

Modal Rp5 juta hingga Rp10 juta sudah cukup lumayan. Modal ini cukup sekali dan bisa dipakai selamanya.

Dropshiper
bisnis rumahan modal kecil

Bisnis modal kecil dari rumah yang selanjutnya adalah jadi dropshiper, yakni perantara pengiriman barang antara produsen dengan konsumen di lapangan.

Bisnis ini bahkan bisa dilakukan tanpa modal. Anda bisa melakukannya cukup dari dalam rumah dengan modal internet dan smartphone.

Ada banyak jenis produk yang bisa dijalankan dengan bisnis dropship, di antaranya produk fashion, produk elektronik, peralatan rumah tangga, dan masih banyak lagi.

Bisnis ini hanya membutuhkan kemampuan Anda menemukan supplier terpercaya yang bisa Anda jadikan sebagai mitra bisnis. Bisa dijalankan tanpa modal sama sekali.

Bisnis Pulsa dan Paket Data
bisnis rumahan modal kecil
foto: eratelprima.id

Salah satu jenis bisnis yang akan selalu dicari orang sepanjang dunia internet masih ada adalah pulsa dan paket data internet.

Bisnis ini menjadi bisnis modal kecil  untuk ibu rumah tangga yang paling potensial dikembangkan. Cukup dengan modal Rp1 juta atau bahkan di bawah itu, Anda sudah bisa memulainya.

Potensi bisnis pulsa ini cukup menjanjikan karena varian produknya beragam. Bisa membeli pulsa telepon, paket internet, token listrik, voucher game dan masih banyak lagi produk lainnya tergantung operator yang dipilih.

Bisnis Laundry
bisnis rumahan modal kecil

Bisnis laundry hingga hari ini masih menjadi pilihan bisnis rumahan modal kecil yang dijalankan banyak orang.

Bagi mereka yang tinggal di kawasan kampus, sekolah, perkantoran dan tempat-tempat sibuk lainnya sangat menjanjikan mengelola bisnis ini.

Berapa modal menjalankan usaha bisnis ini? Kisaran modal Rp6 juta sudah bisa digunakan untuk menjalankan bisnis modal kecil ini.

Peralatan mesin akan jadi milik Anda dan bisa dijual pada saat Anda ingin beralih jenis bisnis.

Catering Harian
bisnis rumahan modal kecil

Bisnis makanan masih menjadi bisnis paling menjanjikan yang bisa dikelola dari rumah.

Apalagi di era bisnis marketplace yang sangat pesat saat ini, semua orang bisa menjalankan bisnis makanan dari rumah walaupun bukan yang ahli memasak.

Bisnis kuliner modal kecil yang bisa dikelola di rumah adalah catering rumahan. Modal sebesar Rp100 ribu per hari bisa diputar untuk menjalankan bisnis ini.

Namun, pastikan Anda memiliki kurir khusus untuk mengantarkan setiap pesanan pelanggan yang dikirim setiap hari pada jam-jam makan. Pastikan tidak terlambat.

Bisnis Private Belajar
bisnis rumahan modal kecil

Bila Anda memiliki kemampuan akademis yang mumpuni, mengapa tak mencoba menggarap usaha bisnis private.

Tak harus Anda yang menjalankannya tetapi Anda bisa mencari tenaga pengajar, Anda sebagai pengelola.

Berapa modal bisnis rumahan ini? Hanya butuh tempat ruangan yang memadai, papan tulis, perlengkapan belajar serta guru yang handal.

Totalnya hanya ratusan ribu saja. Bisnis private yang besar dan terkenal bisa diawali dari usaha bisnis private rumahan.

Bagaimana menurut Anda tentang peluang bisnis di atas, adakah yang kira-kira prospek dan sesuai untuk Anda jalankan?

Perhatikan jumlah modal yang dibutuhkan, potensi pasar dan bagaimana kira-kira hambatan yang akan ditemui dalam menjalankan usaha bisnis tersebut.

Ingat Anda sedang menjalankan usaha bisnis, apalagi modalnya kecil maka harus lebih ulet dan sabar dalam menjalankannya.

Jangan terburu-buru, gonta-ganti bisnis karena merasa bisnisnya selalu gagal. Sebenarnya hanya karena yang bersangkutan kurang sabar.

Coba jalankan bisnis rumahan modal kecil di atas, selamat mencoba.