5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan image

Tanaman lidah buaya tidak hanya bermanfaat untuk menghiasi taman rumah, namun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat utama lidah buaya untuk kesehatan sudah diketahui sejak ribuan tahun yang lalu. Sehingga tidak heran, lidah buaya menjadi tanaman yang populer dan sering digunakan dalam produk-produk perawatan kesehatan. 

Lidah buaya  mengandung antioksidan, antibakteri, protein, mineral, bermacam-macam vitamin, asam amino dan zat penting lainnya.

Tidak hanya digunakan untuk pemakaian luar tubuh saja, lidah buaya juga aman dikonsumsi secara langsung.

Berikut adalah 5 manfaat penting lidah buaya bagi tubuh:

1. Menyehatkan Rambut dan Kulit Kepala

Sudah menjadi rahasia umum jika lidah buaya bermanfaat untuk perawatan rambut dan kulit kepala.

Tidak jarang juga ditemui berbagai macam merk perawatan rambut mulai dari shampoo hingga masker rambut yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan utamanya. 

Asam amino, mineral, polisakarida dan vitamin yang terkandung dalam gel lidah buaya bermanfaat untuk melembabkan kulit kepala sehingga tidak kering dan tidak mudah berketombe.

Selain itu, kandungan-kandungan ini juga mampu melembutkan rambut sehingga tampak sehat.

Untuk merasakan manfaat alami lidah buaya, anda cukup mengoleskan gel lidah buaya ke kulit kepala dan rambut anda. Diamkan beberapa saat hingga meresap ke dalam lapisan kulit kepala. Jangan lupa dibilas hingga bersih.

2. Mengobati Luka Bakar

manfaat lidah buaya

Kandungan anti-inflamasi pada getah lidah buaya mampu mengatasi iritasi tidak hanya akibat luka bakar, tetapi juga luka lainnya.

Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gel lidah buaya untuk mengatasi luka bakar lebih efektif dibandingkan dengan salep luka bakar biasa. Lidah buaya dinilai mampu menyembuhkan luka bakar 9 hari lebih cepat.

Anda cukup memisahkan daun lidah buaya dengan gelnya. Kemudian tempelkan daun yang berisi getah dan sedikit gel pada luka bakar anda.

Diamkan sementara waktu agar luka bakar anda menyerap nutrisi yang diberikan oleh lidah buaya. Awalnya akan terasa perih, namun semakin lama akan semakin terbiasa.

3. Menyehatkan Kulit dan Mencegah Penuaan Dini

Khasiat lidah buaya yang disukai oleh kaum perempuan adalah menyehatkan kulit dan mencegah penuaan dini.

Dalam publikasi ilmiah Annals of Dermatology, disebutkan bahwa 30 wanita yang berusia di atas 45 tahun berhasil meningkatkan produksi kolagen.

Hasil ini didapatkan setelah 30 wanita tersebut rajin mengoleskan gel lidah buaya secara teratur. 

Karena lidah buaya mampu memperbaiki tekstur kulit, secara tidak langsung lidah buaya juga mampu menghambat penuaan dini.

Selain itu, manfaat penggunaan lidah buaya secara teratur juga mampu mengecilkan pori-pori kulit, menghilangkan bekas jerawat dan mengurangi keriput di wajah. 

4. Meningkatkan imunitas dan Kesehatan Organ Tubuh

manfaat lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk meningkatkan imunitas bisa didapatkan dengan mengkonsumsinya secara langsung. Meskipun jarang diketahui, sebenarnya lidah buaya aman untuk dikonsumsi.

Lidah buaya bisa dikonsumsi dengan menjadikannya jus atau es krim.

Untuk membuat jus lidah buaya, anda hanya perlu mencampur lidah buaya dengan air perasan lemon, madu, dan air. Blender semua bahan hingga tercampur dengan rata. Anda bisa menambahkan es batu. 

Saat anda mengkonsumsi lidah buaya, banyak keuntungan yang diberikan pada tubuh anda.

Lidah buaya yang dikonsumsi secara langsung mampu memperbaiki fungsi hati, membantu proses detoksifikasi, menyehatkan sistem pencernaan dan mengurangi level gula darah.

Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi lidah buaya secara langsung.

5. Membasmi Plak Gigi

Plak gigi merupakan kumpulan bakteri yang sering dijumpai di sela-sela gigi. Warnanya yang kuning kecoklatan tentu saja sangat mengganggu pemandangan. Jika dibiarkan, plak gigi ini bisa merusak kesehatan gigi anda. 

Sebelum hal itu terjadi, akan lebih baik jika anda mencegah plak-plak gigi ini bersarang di gigi anda. Dalam mencegah pertumbuhan plak gigi, lidah buaya bisa digunakan sebagai obat kumur.

Pencegahan pertumbuhan plak gigi dengan 100% gel lidah buaya sama efektifnya dengan obat kumur konvensional.

manfaat lidah buaya

Demikianlah manfaat utama lidah buaya untuk kesehatan. Untuk sehat tidak perlu mahal, asal anda tahu manfaat tanaman-tanaman yang ada disekitar anda.