5 Ide Bisnis Rumahan yang Cocok Untuk Mahasiswa

5 Ide Bisnis Rumahan yang Cocok Untuk Mahasiswa image

Sebagian besar mahasiswa mungkin masih banyak yang bergantung pada uang saku dari orang tua untuk kebutuhan sehari-harinya.

Sehingga ketika menginginkan sesuatu tentu harus berhemat dan menabung terlebih dahulu. Buat Anda yang ingin mencoba mendapatkan penghasilan untuk tambahan uang saku dengan mencoba bisnis rumahan.  

Menjalankan bisnis memang tidak mudah apalagi jika harus menjalani aktivitas utama lainnya seperti belajar dan kuliah.

Tak jarang banyak yang ragu untuk menjalani bisnis saat masih menjadi mahasiswa karena takut tidak bisa fokus kuliah dan khawatir modalnya tidak balik.

Justru saat masih kuliah Anda bisa mengambil kesempatan untuk belajar lebih mandiri dan menghadapi tantangan.

Bisnis Rumahan Untuk Mahasiswa

Tidak semua bisnis membutuhkan modal yang besar untuk memulainya. Beberapa bisnis rumahan untuk mahasiswa berikut ini bisa dicoba untuk mendapatkan penghasilan meskipun modalnya minim.

1. Les Privat

ide bisnis rumahan

Sebagai seorang mahasiswa, tentu kemampuan akademis sudah tidak diragukan lagi. Anda bisa mengandalkan kemampuan tersebut untuk memberikan les privat kepada anak-anak mulai dari TK, SD, SMP, hingga SMA.

Waktu dan jadwal les privat bisa disesuaikan secara fleksibel dengan jadwal kuliah Anda sehingga tidak perlu khawatir kuliah terbengkalai.

Bisnis ini bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu menyediakan tempat baik di kontrakan atau kos untuk mengajar les atau mendatangi langsung rumah murid yang akan diajar.

Selain memberikan keuntungan dari segi finansial, Anda juga bisa memanfaatkan bisnis ini untuk memperdalam ilmu dan wawasan yang dimiliki.

Bisnis les privat adalah salah satu jenis bisnis rumahan yang tidak memerlukan modal alias 0 rupiah. Anda cukup memiliki kemampuan akademis mumpuni yang bisa dijadikan sebagai modal dasar untuk mengajar les privat.

2. Pulsa Elektrik

ide bisnis rumahan

Setiap orang pasti membutuhkan pulsa mengingat smartphone sudah menjelma menjadi salah satu kebutuhan primer yang tidak bisa lepas dari kehidupan mahasiswa.

Begitupun mahasiswa akan sangat bergantung dengan smartphone untuk berkomunikasi terkait kegiatan mahasiswa maupun untuk mengerjakan tugas.

Permintaan (demand) yang tinggi akan pulsa elektrik ini bisa menjadi peluang yang cukup menggiurkan untuk memulai bisnis. Anda bisa berjualan pulsa elektrik mulai dari pulsa, kuota internet, voucher, pembayaran token listrik, dan lain sebagainya.

Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis ini pun sangat terjangkau dengan keuntungan berkisar Rp500,00 – Rp1.500,00 untuk sekali penjualan.

Anda cukup menyediakan modal sebesar Rp100.000,00 untuk mulai berjualan pulsa elektrik. Semakin banyak dan seringnya transaksi yang dilakukan maka akan semakin besar keuntungan yang didapatkan.

3. Jualan Makanan Kecil

ide bisnis rumahan

Makanan adalah salah satu kebutuhan primer manusia yang harus dipenuhi. Bisnis rumahan modal kecil seperti berjualan makanan ringan atau snack bisa Anda manfaatkan sebagai bisnis sampingan.

Anda bisa menjual berbagai jenis snack dan air mineral kepada teman-teman satu fakultas maupun beda fakultas dalam satu universitas.

Snack atau makanan ringan ini seringkali dibutuhkan saat pergantian mata kuliah dengan jeda waktu yang singkat dan tidak memungkinkan untuk pergi ke kantin.

Makanan ringan yang Anda jual bisa menjadi penyelamat mahasiswa yang sedang lapar dan tidak sempat untuk pergi ke kantin. Snack juga bisa menjadi cemilan yang asyik saat belajar atau berkegiatan bersama.

Berapa modal yang diperlukan untuk jualan makanan kecil? Anda bisa mulai dengan menyisihkan uang saku Rp50.000,00 – Rp100.000,00 untuk membeli snack di toko grosir kemudian membungkusnya kecil-kecil untuk dijual lagi.

Keuntungan yang akan kamu dapatkan cukup lumayan untuk menambah uang saku sehari-hari.

4. Marketer/Reseller/Dropshipper Toko Online

ide bisnis rumahan

Kemudahan teknologi dan informasi di era digital dengan berbagai jenis platform media sosial yang tersedia tentu jangan disia-siakan begitu saja.

Anda bisa mencoba membuka toko online dengan menjadi marketer, reseller atau dropshipper dari produk orang lain jika belum memiliki cukup modal untuk membuat produk sendiri.

Anda bisa melirik jenis produk seperti berbagai macam baju, celana, rok, jilbab, sepatu, pernak-pernik aksesoris, hingga peralatan make-up.

Banyak sekali produsen online yang membuka kesempatan bagi siapa saja untuk mendaftar sebagai marketer, reseller atau dropshipper.

Untuk bisnis toko online ini Anda bisa memulainya tanpa modal sekali untuk membeli produk barang yang dijual. Cukup menjalin kerjasama dengan produsen untuk menjual produk yang mereka miliki dengan mendapatkan untung dari sistem komisi.

5. Penulis Online

ide bisnis rumahan

Menjadi seorang freelance writer bisa menjadi ide bisnis rumahan untuk sampingan mahasiswa yang sangat berpeluang untuk mendapatkan penghasilan.

Anda bisa menawarkan kemampuan menulis dan riset kepada agen-agen jasa penulisan atau mencari klien-klien yang membutuhkan penulis lepas.

Cukup bermodalkan laptop dan smartphone yang Anda miliki, bisnis ini sudah bisa dimulai. Buat portofolio yang menarik dan tawarkan diri Anda secara profesional untuk menjadi penulis yang berkompeten.

Manfaatkan waktu luang untuk mengerjakan deadline dari kantor tanpa mengganggu waktu kuliah.

Berbagai ide bisnis rumahan tersebut bisa Anda manfaatkan untuk mencari tambahan uang saku khususnya buat mahasiswa yang ingin belajar mandiri.

Tidak hanya mendapatkan keuntungan berupa uang, Anda akan belajar banyak hal selama menjalani bisnis ini khususnya dalam hal bagaimana membangun bisnis dan konsisten terhadap sesuatu hal.