5 Ide Bisnis Rumahan Tanpa Modal dan Minim Resiko

5 Ide Bisnis Rumahan Tanpa Modal dan Minim Resiko image

Modal menjadi salah satu kendala bagi sebagian besar orang yang ingin memulai usaha dan akhirnya mengurungkan niatnya tersebut.

Dalam benak banyak orang, membuka usaha atau bisnis selalu identik dengan modal yang besar, meskipun faktanya tidak semua usaha membutuhkan modal yang banyak. Ada banyak ide bisnis rumahan yang bisa dilakukan tanpa modal.

Di era digital seperti saat ini, memulai bisnis rumahan tanpa modal terbilang sangat mudah dilakukan selama memahami strategi dan target pasar yang diinginkan.

Dengan memanfaatkan internet dan berbagai platform media sosial, Anda bisa mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas meskipun hanya dilakukan dari rumah.

Ide Bisnis Rumahan Tanpa Modal

Smartphone maupun laptop bisa menjadi senjata andalan Anda untuk menjalankan ide bisnis rumahan tanpa modal dan tentunya minim resiko.

Selama ada koneksi internet dan kemauan untuk berusaha maka tidak sulit untuk memulai 5 ide bisnis rumahan berikut ini:

1. Makelar atau agen properti

bisnis rumahan tanpa modal

Bisnis properti terbilang cukup menggiurkan karena bisa mendatangkan prospek profit yang cukup tinggi. Sebagai makelar atau agen properti, Anda tidak harus menanamkan modal dengan membeli tanah atau membangun rumah terlebih dahulu.

Selama ada link dengan pemilik properti tersebut, Anda bisa meminta foto-foto rumah yang tampak dari semua sisi untuk dijadikan materi atau bahan berjualan. Tentu akan lebih afdhol lagi jika Anda melakukan survei langsung ke tempat tersebut.

Anda bisa membuat konten yang menarik dan memasarkan properti tersebut melalui internet seperti website, marketplace, maupun media sosial.

Bisnis rumahan dengan modal 0 rupiah ini bisa mendatangkan banyak profit puluhan hingga ratusan juta tergantung berapa banyak margin dan unit yang berhasil dijual.

2. Jasa desain grafis

bisnis rumahan tanpa modal 2

Skill di bidang IT menjadi salah satu keahlian yang banyak dibutuhkan, salah satunya skill desain grafis. Jika Anda memiliki passion dan kemampuan dalam hal menggambar maupun mendesain, Anda bisa membuka usaha freelancer jasa desain grafis.

Cukup dengan memanfaatkan keahlian yang Anda punya dengan didukung internet dan komputer, Anda bisa memulai bisnis ini.

Buat portofolio dari karya-karya yang pernah Anda buat baik di website maupun platform media sosial seperti facebook atau instagram agar orang tertarik menggunakan jasa Anda.

Harga jual yang Anda tawarkan bisa beragam tergantung dari tingkat kerumitan gambar yang akan dibuat. Masukkan hashtag potensial seperti #jasadesaingrafis dan #desaingrafis agar bisa meningkatkan jumlah kunjungan ke profil media sosial.

3. Les privat

bisnis rumahan tanpa modal

Jenis usaha rumahan tanpa modal ini sangat cocok untuk dikerjakan mahasiswa maupun ibu rumah tangga yang ingin mencari penghasilan tambahan.

Selama Anda memiliki kemampuan akademis yang mumpuni di bidang tertentu, maka Anda sudah bisa memulai bisnis ini.

Contohnya, jika Anda pandai di bidang bahasa Inggris maka bisa membuka les privat bahasa Inggris untuk anak-anak mulai dari tingkat dasar hingga pelajar tingkat menengah.

Anda bisa menyulap tempat tinggal menjadi tempat membuka les dengan target orang-orang sekitar rumah.

Namun, jika menginginkan pangsa pasar yang lebih luas lagi maka Anda bisa mendatangi langsung rumah murid yang akan diajar.

Usaha les privat ini cenderung tidak perlu modal dan sangat minim resiko. Promosi jasa ini bisa Anda lakukan ke lingkungan terdekat terlebih dahulu seperti tetangga atau kerabat.

4. Marketer/reseller/dropshipper Online Shop

bisnis rumahan tanpa modal

Era digital memberikan peluang dan kesempatan seluas-luasnya bagi siapa saja yang ingin memulai bisnis tanpa modal.

Dengan kecanggihan teknologi yang ada, seorang pedagang atau pebisnis tidak harus menyetok atau memiliki barang terlebih dahulu untuk bisa berjualan.

Anda bisa menjadi marketer, reseller, maupun dropshipper dari produk-produk milik orang lain.

Bagaimana cara kerjanya? Anda cukup bekerja sama dengan supplier yang memproduksi suatu produk barang tertentu dan menjualnya menggunakan media foto yang didapatkan dari supplier.

Sistem bisnis ini biasanya menggunakan sistem komisi untuk pembagian profit berdasarkan jumlah barang yang berhasil dijual.

Sehingga Anda tidak harus mengeluarkan modal untuk membeli barang tersebut dan menyerahkan semua proses produksi dan pengiriman di pihak supplier.

5. Blogger

bisnis rumahan tanpa modal

Tak bisa dipungkiri bahwa internet sudah menjelma menjadi kebutuhan pokok pengguna internet yang ingin mencari informasi. Pengguna biasanya akan menuliskan kata kunci yang berkaitan dengan informasi yang ingin dicari pada mesin pencari.

Kemudian akan muncul informasi-informasi yang dituliskan dalam bentuk website atau blog.

Jika Anda memiliki hobi dan kemampuan menulis, maka manfaatkan peluang ini untuk menjadi penyedia informasi dengan membuat website atau blog.

Anda bisa mencoba website blog gratisan terlebih dahulu untuk memposting tulisan-tulisan.

Lakukan riset sebelum menulis dan konsistenlah dalam memposting tulisan di blog tersebut. Sehingga jika blog tersebut banyak yang membaca dan sudah profesional, maka Anda bisa me-monetize blog tersebut.

Bahkan bukan tidak mungkin produk-produk akan mengantri untuk memasang iklan di blog Anda.

Dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi seperti saat ini, peluang untuk membuka bisnis atau usaha sangatlah tinggi.

Anda bisa memulainya dengan mencoba bisnis rumahan tanpa modal untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah.