5 Bisnis Rumahan Online dengan Modal Kecil dan Menguntungkan

5 Bisnis Rumahan Online dengan Modal Kecil dan Menguntungkan image

Di zaman modern dan teknologi yang sudah berkembang membuat banyak orang telah beralih ke bisnis online. Karena sekarang sudah banyak bisnis rumahan online dengan keuntungan yang cukup memuaskan.

Kelebihan dari bisnis secara online ini yaitu memerlukan modal yang minim.

Anda sebagai ibu rumah tangga bisa melakukan bisnis online. Karena bisnis ini bisa dilakukan oleh siapapun dan kapanpun. Berikut ini adalah daftar bisnis online yang bisa Anda lakukan.

1. Menjadi Dropshipper

bisnis rumahan online

Dropship merupakan menjual barang orang lain tanpa harus stok barang terlebih dahulu. Anda tidak repot-repot memikirkan proses pengiriman barang ke konsumen.

Karena yang mengelola barang mulai dari packing sampai pengiriman merupakan tugas supplier Anda.

Modal yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis dropship ini sangat kecil, bahkan bisa gratis. Modal utama untuk memulai bisnis ini hanyalah kuota internet dan smartphone atau laptop.

Karena tugas Anda hanyalah memasarkan produk orang lain tanpa harus menyetoknya terlebih dulu.

Bisnis ini juga sangat mudah dijalankan karena lokasi dan waktunya sangat fleksibel. Bahkan Anda bisa menjalankan bisnis dropship sambil rebahan karena Anda hanya perlu memasarkan produk orang lain.

Anda bisa berjualan dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram dan Facebook.

Kunci utama supaya Anda bisa sukses dari bisnis dropship ini adalah supplier. Karena perannya sangat vital dalam menjalankan bisnis ini sebagai penyedia barang, sekaligus packing dan pengirimannya.

Jika barangnya cacat atau masalah lainnya, orang yang disalahkan oleh konsumen adalah Anda, bukan supplier.

Setelah menemukan supplier yang tepat, tahapan yang selanjutnya adalah memasarkan produk. Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan Tiktok untuk memasarkannya.

Followers yang banyak tentu akan membuat penjualan barang lebih cepat.

Jika berhasil menjual barang, Anda akan mendapat keuntungan per sekian persen dari harga barang yang Anda jual. Bahkan Anda bisa tentukan keuntungannya dengan catatan tidak sampai menjatuhkan pasar.

Semakin banyak menjual barang, keuntungan yang akan Anda dapatkan juga besar.

2. Menjadi Blogger

bisnis rumahan online

Bisnis online terpercaya dengan modal kecil adalah Blogger. Tapi Anda tidak akan langsung mendapatkan uang ketika menjadi seorang blogger.

Banyak orang yang sukses menjadi blogger setelah berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun.

Anda tidak harus membutuhkan modal besar untuk mulai menjadi blogger. Anda hanya butuh laptop dan kuota internet untuk memulainya. Setelah itu Anda tinggal menulis dengan konsisten.

Kunci utama dalam menjalankan bisnis ini adalah update artikel berkualitas dan membangun blog secara terus menerus.

Setelah blog Anda memiliki banyak visitor, kerja keras  Anda akan membuahkan hasil. Untuk mendapatkan banyak visitor itu tidaklah mudah salah satunya adalah membuat artikel berkualitas.

Setelah memiliki banyak visitor blog Anda bisa monetasi salah satunya adalah menjadi publisher Google Adsense. Program periklanan PPC ini sudah menjadi pilihan favorit untuk para blogger.

Tidak hanya Google Adsense, Anda juga bisa monetisasi blog dengan yang lainnya seperti affiliate marketing, memasang iklan mandiri, content placement, dan menjual produk.

3. Menjual Foto di Internet

bisnis rumahan online

Bisnis online terpercaya yang selanjutnya menjual foto di Internet. Bisnis yang satu ini sangat cocok untuk Anda suka mengabadikan keindahan alam. Daripada fotonya disimpan di laptop atau HP, mending jual saja ke Internet.

Keuntungan yang Anda dapatkan dari menjual foto di internet ini cukup besar. Karena tidak sembarang orang bisa mengambil foto di internet dengan cuma-cuma. Kalau mereka ingin menggunakannya secara komersial, mereka harus membeli lisensinya.

Anda bisa menjual foto di situs penyedia foto seperti Shutterstock dan iStockPhoto. Setiap ada orang yang membeli foto di Shutterstock, maka Anda akan mendapatkan bayaran sebesar 0.25 dolar.

Semakin banyak foto yang Anda upload, semakin banyak pula orang yang akan membeli.

4. Menjadi Youtuber

bisnis rumahan online

Saat ini menjadi Youtuber termasuk peluang bisnis yang sedang booming. Jika menjadi blogger harus membuat konten berupa artikel, kalau jadi Youtuber Anda harus membuat konten video.

Modal untuk menjadi Youtuber cukup kecil dimana Anda membutuhkan koneksi internet, laptop, dan smartphone. Anda bisa membuat konten tentang game, tutorial, memasak, dan konten video lainnya yang menarik untuk ditonton.

Supaya bisa rutin upload video, Anda harus memiliki passion atau hobi. Misalnya Anda hobi main game, maka terus upload tentang game. Atau Anda hobi memasak, buat saja konten-konten memasak.

Anda harus memenuhi syarat supaya bisa mendaftarkan diri sebagai publisher Google Adsense. Persyaratan tersebut yaitu channel Anda harus ditonton lebih dari 4000 jam tayang dan 1000 subscriber.

Persyaratan tersebut tentu saja sulit didapatkan jika konten video yang kita buat tidak menarik dan tidak bermanfaat.

5. Jasa Desain

bisnis rumahan online

Selain menjual foto, menjual jasa desain juga termasuk usaha online yang menguntungkan.

Selain menjadi seorang freelancer desain, Anda menawarkan kepada teman-teman Anda atau menawarkan jasa secara online di situs seperti freelancer, fiver, sribulancer, dan lain-lain.

Produk desain yang bisa Anda jual sangat beragam mulai dari banner, flyer, icon, hingga logo. Tidak seperti jualan produk, jualan desain modalnya tidak terlalu besar.

Jika Anda sudah mempunyai laptop atau komputer untuk mendesain, maka Anda bisa memulai usaha ini.

Itulah beberapa bisnis rumahan online yang bisa Anda lakukan dengan modal kecil. Jika dilakukan dengan serius, keuntungan yang akan didapatkan juga lumayan besar.

Kunci utamanya adalah telaten dan selalu ingin banyak belajar supaya bisnisnya bisa berjalan sukses.