4 Jenis Usaha Rumahan Modal Kecil Paling Mudah Dilakukan

4 Jenis Usaha Rumahan Modal Kecil Paling Mudah Dilakukan image

Banyak orang yang terpaksa harus mengurungkan niat mereka membuka sebuah usaha mengingat modalnya pas-pasan. Padahal sebenarnya modal bukan faktor satu-satunya penentu kesuksesan usaha.

Selain itu, ada beberapa usaha rumahan modal kecil yang mungkin bisa menjadi solusi terbaik bagi Anda yang tertarik menjadi wirausaha.

Rekomendasi Usaha Rumahan Modal Kecil

Bagi Anda yang ingin memulai peluang usaha sampingan, tidak perlu harus berkecil hati apabila hanya mempunyai modal terbatas.

Ada banyak peluang usaha rumahan yang mampu memberikan pemasukan baru jika dilakukan menggunakan strategi yang terencana dan tepat.

Lalu, apa saja sebenarnya rekomendasi ide bisnis rumahan yang bisa dilakukan dengan modal kecil? Berikut ulasannya :

1. Menjajakan Menu Sarapan di Rumah

usaha rumahan modal kecil

Banyak orang yang mempunyai rutinitas yang cukup padat di pagi hari. Banyak juga yang mesti pergi ke kantor pagi-pagi sekali supaya tidak terlambat.

Sehingga tidak ada waktu lagi untuk mempersiapkan menu sarapan, baik untuk keluarga maupun untuk sendiri. 

Hal tersebut bisa dijadikan peluang bisnis yang potensial. Anda dapat menawarkan atau menu sarapan, diantaranya seperti nasi uduk, nasi kuning, bubur ayam , atau lontong sayur.

Selain itu, bahan-bahan untuk pembuatan menu sarapan tersebut juga cukup terjangkau. Anda juga bisa menjajakan menu sarapan tadi di depan rumah, dengan hanya bermodalkan kursi dan meja saja.

2. Usaha Camilan

usaha rumahan modal kecil

Usaha camilan tidak hanya digemari anak-anak saja melainkan juga digemari orang dewasa. Mulai dari para pelajar sampai pekerja, tidak sedikit yang gemar mencicipi camilan atau makanan ringan sembari beraktivitas.

Anda tidak perlu mematok camilan yang terbuat dari bahan dasar yang mahal. Misalnya saja dengan menjual keripik singkong yang bahannya dapat dijangkau dengan pembuatan yang cukup sederhana.

3. Bisnis Jual Aksesori Perempuan

usaha rumahan modal kecil

Bisnis berjualan aksesoris perempuan juga bisa Anda coba, karena sangat menjanjikan. Anda bisa melihat contohnya dari orang-orang sukses yang berjualan aksesoris, seperti Kartika Yuswadi.

Sebagai pemilik usaha yang menjanjikan aksesoris dengan label SemoetKetjil. Pasalnya, ia hanya membutuhkan modal awal Rp. 1 juta saja untuk membuat aksesoris, namun ia kini dapat menghasilkan omzet sampai Rp. 10 juta setiap bulannya.

Keberhasilan tersebut tentu saja dapat diperolehnya sesudah ia bertahun-tahun terus berinovasi dan tetap menjaga kualitas produknya demi menarik pelanggan. Dari sinilah Anda bisa meniru kesuksesan Kartika.

4. Jasa Pengetikan

usaha rumahan modal kecil

Jika Anda mempunyai keahlian mengetik dan mempunyai laptop atau komputer, usaha di bidang jasa pengetikan bisa menjadi peluang yang cukup menjanjikan.

Terlebih lagi, apabila tempat tinggal Anda lokasinya tidak jauh dari lokasi sekolahan atau kampus.

Tentunya tidak perlu khawatir akan sepi pesanan, sebab ada banyak siswa atau mahasiswa yang harus mengerjakan laporan atau makalah sehingga membutuhkan bantuan dari jasa pengetikan.

Selain itu, Anda juga bisa menambah jasa pengetikan dengan fotokopi  untuk meningkatkan pendapatan.

Itulah jenis-jenis usaha rumahan modal kecil tanpa memerlukan sewa tempat usaha, karena semuanya bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Asalkan rumah Anda berada di tempat yang strategis!