12 Manfaat Daun Kemangi yang Jarang Diketahui Orang

12 Manfaat Daun Kemangi yang Jarang Diketahui Orang image

Kita sering melihat daun kemangi di meja makan sebagai lalapan. Beberapa orang mengonsumsi kemangi tetapi ada juga yang menggunakannya untuk cuci tangan setelah makan.

Di balik aromanya yang kuat, manfaat daun kemangi begitu banyak. Berikut ulasannya untuk Anda.

1. Menjaga jantung tetap sehat

Beberapa kandungan daun kemangi adalah betakaroten dan magnesium. Kedua mineral ini memiliki khasiat untuk memelihara kesehatan jantung Anda.

Tentu saja hal ini akan lebih efektif jika Anda menjaga pola makan yang sehat dan rutin berolahraga.

2. Menghilangkan jerawat di wajah

manfaat daun kemangi

Kemangi dapat diolah menjadi minyak. Minyak daun kemangi ini dipercaya memiliki anti bakteri terutama bakteri penyebab jerawat.

Anda bisa mencampurkan minyak kemangi dengan asam asetat, asam salisilat, dan juga daun jeruk. Campuran ini efektif untuk menghilangkan jerawat maupun bekasnya di wajah kita.

3. Membantu meningkatkan kesehatan mata

Manfaat daun kemangi selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata. Ini karena kemangi kaya akan vitamin A yang merupakan sahabat untuk mata.

Jika Anda memiliki masalah dengan penglihatan, cobalah konsumsi daun kemangi sebanyak 100 gram setiap hari. Niscaya, daun kemangi akan membantu penglihatan Anda menjadi lebih membaik.

4. Menggugah selera makan

Tentu Anda tahu bahwa daun kemangi memiliki aroma yang khas. Wangi daun kemangi ini dapat menggugah selera makan.

Tidak mengherankan bila banyak orang menggunakan daun kemangi sebagai lalapan mentah. Daun kemangi juga kerap ditemui sebagai campuran makanan tradisional seperti pepes, trancam, atau karedok.

5. Membantu masalah sistem pencernaan

Punya masalah pencernaan? Anda bisa mencoba daun kemangi sebagai obat, terutama untuk masalah lambung.

Kadar asam dalam lambung Anda bisa diturunkan dengan mengonsumsi daun kemangi.

Sayuran yang satu ini juga bisa memicu produksi lendir yang berfungsi melindungi dinding lambung. Dengan begitu, kemangi bisa mengurangi gejala akibat luka di lambung.

6. Membantu menjaga kesuburan

Manfaat daun kemangi untuk kesuburan juga perlu diketahui. Terkandung senyawa arginine di dalam daun ini yang diketahui bisa memperpanjang masa hidup sperma. Dengan begitu, kemangi bisa mencegah kemandulan pria.

Zat dalam daun kemangi juga membantu kesehatan reproduksi dengan merangsang terbentuknya hormon androgen dan juga estrogen. Di sisi lain, terkandung pula eugenol dan apigenin fenkhona yang membantu ereksi lebih mudah.

7. Meningkatkan sistem imun tubuh

manfaat daun kemangi

Kemangi yang masih segar dapat membantu Anda meningkatkan sistem imun tubuh. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa senyawa kimia yang terkandung dalam kemangi dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita.

8. Menurunkan kadar gula dalam darah

Apakah Anda memiliki gula darah yang tinggi? Jika demikian, Anda bisa memanfaatkan daun kemangi. Dengan mengonsumsi kemangi secara rutin, kadar gula dalam darah Anda bisa menurun.

9. Menghilangkan bau mulut dan bau badan

Punya masalah dengan bau mulut atau bau badan? Daun kemangi bisa menghilangkan masalah tersebut. Wangi daun kemangi mampu mencegah bau tidak sedap yang datang dari badan atau mulut.

Jika Anda termasuk orang yang tidak tahan dengan wangi kemangi, Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara yang berbeda.

Alih-alih memakannya secara langsung, buatlah perasan daun kemangi dan campurkan dengan rempah lain yang Anda suka.

10. Dapat mencegah stres

Susah tidur bisa berkaitan dengan meningkatnya hormon stress dalam tubuh. Ini juga berimbas pada tubuh yang cepat merasa lelah.

Anda bisa mengatasi masalah ini dengan mengonsumsi daun kemangi.

Tubuh akan dibantu untuk beradaptasi dengan hormon stres. Daun kemangi akan membuat Anda merasa lebih rileks dan tenang serta meningkatkan daya ingat.

11. Menyehatkan kulit

Ada juga manfaat daun kemangi untuk kecantikan. Daun kemangi membantu Anda memelihara kesehatan kulit. Dalam bentuk minyak, daun kemangi bisa membersihkan kulit dari dalam.

Sementara itu, kemangi juga bisa dijadikan pembersih bagi Anda yang memiliki kulit berminyak. Daun ini akan menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori Anda.

12. Anti-aging

Di dalam daun kemangi, terkandung antioksidan yang melimpah. Senyawa ini mampu menetralisir radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Radikal bebas adalah penyebab utama penuaan. Dengan demikian, kemangi sangat bagus untuk Anda yang ingin awet muda.

manfaat daun kemangi

Ternyata, banyak manfaat daun kemangi yang ada di balik aromanya yang khas. Kini, Anda akan lebih sering memakan daun kemangi, bukan?