10 Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan Tubuh Anda

10 Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan Tubuh Anda image

Yoghurt merupakan produk susu hasil fermentasi menggunakan bakteri yang bisa dibuat dari jenis susu apa saja. Ada banyak manfaat yoghurt yang bisa anda rasakan.

Ini mengapa banyak orang mengkonsumsi olahan susu fermentasi ini.

Yoghurt diproses untuk menghasilkan asam laktat yang memiliki peran dalam protein susu.  Lalu menghasilkan yoghurt dengan tekstur seperti gel, rasa yang lembut dan memiliki aroma khas. 

Manfaat Yoghurt Yang Bisa Anda Rasakan

Anda bisa merasakan manfaat secara langsung bila mengkonsumsi yoghurt dengan rutin. Simak berikut ini manfaat yoghurt  bagi tubuh?

1. Sebagai Sumber Protein

Yogurt memiliki kandungan protein yang sangat baik untuk tubuh anda. Tetapi biasanya kandungan protein ini tergantung dari jenis-jenis yoghurt. Greek  merupakan jenis yoghurt yang memiliki kandungan protein tertinggi.

Karena memiliki kandungan protein anda bisa mengambil manfaat yoghurt untuk diet. Yogurt bisa dijadikan camilan sehat sehingga membuat anda tidak tambah gemuk.

Apalagi Produk susu ini bisa menyeimbangkan kadar kolesterol dan memelihara fungsi otot dan sistem saraf.

2. Mengurangi Jerawat

Manfaat yoghurt untuk wanita adalah bisa mengurangi jerawat yang sedang tumbuh di wajah anda. Seperti diketahui banyak wanita yang tidak percaya diri dengan jerawat yang muncul di wajah.

Anda bisa mengobati jerawat dengan yogurt caranya yaitu oleskan yogurt pada kapas lalu tempelkan di bagian wajah yang berjerawat.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

manfaat yogurt

Anda juga bisa merasakan manfaat yoghurt yaitu untuk melancarkan sistem pencernaan. Kandungan probiotik pada yoghurt membantu menyingkirkan bakteri jahat yang bisa menyebabkan infeksi usus.

Dengan mengkonsumsi yogurt secara rutin maka bisa membantu sistem pencernaan lebih lancar.

4. Membantu Melembabkan Kulit

Manfaat yogurt untuk wajah yaitu sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering.

Wajah anda bisa lebih lembab berkat kandungan yang ada di dalam produk susu ini. Yoghurt bisa anda jadikan sebagai masker wajah.

Caranya yaitu dengan mencampurkan 4 sendok makan yogurt dengan 1 sendok makan cocoa dan madu. Lalu buat pasta yoghurt dan oleskan pada wajah.

5. Menjaga Tulang Tetap Sehat

Yoghurt memiliki kandungan kalsium yang sangat baik untuk kesehatan gigi dan tulang. Selain itu terdapat pula kandungan vitamin yang bisa membantu tubuh anda untuk menyerap kalsium dengan baik.

Anda bisa mengkonsumsi yogurt untuk mencegah terjadinya penyakit osteoporosis saat lanjut usia.

6. Menguatkan Sistem Imun

Kandungan mineral dan gizi pada yoghurt bisa membantu meningkatkan produksi sel T. Sel T ini merupakan salah satu sel darah putih yang bisa bertanggung jawab dalam melawan penyakit.

Cukupi konsumsi harian yogurt sebanyak 400 gram untuk membantu Anda meningkatkan sistem imun. 

Selain itu yogurt juga baik untuk melawan infeksi dan bakteri pada tubuh.

7. Membantu Infeksi Lebih cepat Sembuh

manfaat yogurt

Bagi Anda yang sedang mengalami infeksi pada tubuh, sebaiknya mengkonsumsi yogurt untuk mempercepat penyembuhan infeksi.

Ketika rutin mengkonsumsi yogurt maka tubuh anda jadi kebal terhadap infeksi. ini karena kandungan magnesium, selenium, dan zinc yang terdapat pada yoghurt.

8. Membantu Berat Badan Ibu Hamil Tetap Ideal

Rupanya yoghurt juga memiliki peranan terhadap wanita yang sedang hamil. Para ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi yogurt untuk menjaga berat badannya agar tetap ideal.

Seperti diketahui jika ibu hamil memiliki berat badan yang kurang maka memiliki resiko melahirkan bayi prematur. 

Sebaiknya pilih yoghurt yang rendah lemak untuk dikonsumsi secara rutin.

9. Pencegahan Infeksi Vagina

Pada beberapa wanita mungkin sering mengalami infeksi di kemaluannya. Infeksi ini biasanya terjadi pada wanita yang mengalami diabetes. Ada baiknya anda mengkonsumsi yogurt secara rutin. 

Hal ini bisa membuat penurunan infeksi jamur candida pada kemaluan anda.

10. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Yogurt juga baik untuk menstabilkan tekanan darah. Bagi Anda yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi maka sebaiknya mengkonsumsi yogurt  rendah lemak secara rutin.

Kandungan kalium pada yogurt bisa membersihkan kelebihan natrium yang ada di dalam tubuh. 

Natrium ini memiliki peran untuk meningkatkan tekanan darah yang yang terdapat pada banyak jenis makanan.

manfaat yogurt

Demikian beberapa manfaat yoghurt yang bisa dirasakan secara langsung bila anda mengkonsumsinya. Batas konsumsi yogurt yang aman sebanyak 450 ml untuk orang dewasa.

Anda bisa mengkonsumsinya untuk sarapan pagi atau dijadikan, yogurt bisa juga diolah menjadi berbagai jenis makanan yang nikmat.