10 Manfaat Bawang Hitam yang Perlu Anda Tahu

10 Manfaat Bawang Hitam yang Perlu Anda Tahu image

Tidak seperti bawang merah dan bawang putih yang sudah sangat familiar. Nama bawang hitam mungkin masih terdengar asing bagi kebanyakan orang.

Namun, jangan salah, Anda akan mendapatkan beragam manfaat bawang hitam untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Bawang Hitam

manfaat bawang hitam

Diproses melalui pengawetan, bawang putih berubah menjadi bawang hitam yang membawa banyak manfaat. Setelah melalui proses pengawetan, khasiat bawang hitam justru makin bertambah.

Berikut manfaat utama bawang hitam bagi kesehatan.

1. Mencegah dan Mengobati Penyakit Kanker

Bawang hitam ternyata berkhasiat dapat mencegah sekaligus mengobati jenis penyakit berbahaya. Berbagai jenis penyakit kanker dapat diatasi dengan menggunakan ramuan obat bawang hitam.

Bawang hitam mengandung zat diallyl sulfida  yang dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Bawang ini juga dipercaya dapat membunuh sel-sel kanker, seperti kanker paru-paru, kanker serviks, dan kanker perut.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Bawang hitam sangat baik dikonsumsi karena dapat menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat dalam darah hingga mencapai 15%. Itulah kenapa bawang hitam dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung Anda.

Dengan bawang hitam juga kadar kolesterol baik (HDL) akan meningkat.  Kadar kolesterol LDL dan HDL yang rendah menandakan bahwa kondisi jantung Anda sehat-sehat saja.

Bahkan, kesehatan jantung bisa semakin meningkat jika Anda rutin mengkonsumsi bawang hitam.

3. Melindungi Sel Otak

Anda pasti tahu bahwa mengkonsumsi MSG atau micin sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Bahan penguat rasa itu bisa menyebabkan kerusakan otak. Untuk itu, Anda disarankan agar mengkonsumsi bawang hitam, karena khasiatnya dapat melindungi sel-sel otak.   

4. Menurunkan Tekanan Darah

manfaat bawang hitam

Jika tekanan darah tidak normal, Anda disarankan untuk mengkonsumsi bawang hitam. Bawang ini sangat baik karena bisa menurunkan tekanan darah pada tingkat normal.

Dalam bawang hitam terdapat kandungan organosulfur yang dapat melebarkan pembuluh darah, yang menyebabkan aliran darah kembali normal.

Mengkonsumsi rutin bawang hitam juga baik bagi penderita tekanan darah tinggi (hipertensi).

5. Mengurangi Gula Darah

Selain menurunkan tekanan darah, mengkonsumsi bawang hitam secara rutin juga dapat mengurangi kadar gula darah. Hal ini karena bawang hitam dapat membantu meningkatkan produksi insulin.

Insulin adalah hormon alami yang berguna mengurangi kadar gula darah. Jika Anda punya keluhan punya gula darah tinggi, cobalah mengkonsumsi bawang hitam secara rutin agar gula darah kembali stabil.

6. Sumber Antioksidan

Bagi Anda yang suka menjaga penampilan, bawang hitam bisa menjadi solusi alternatif. Sebab, sebagai sumber antioksidan, bawang hitam dapat menjaga kondisi kulit tetap sehat.

Antioksidan juga dapat mengurangi kerusakan organ tubuh serta meningkatkan imunitas tubuh.

Sebagai sumber antioksidan, bawang hitam juga dapat menangkal berbagai radikal bebas serta mencegah kerusakan kulit dan mencegah kerusakan  jaringan dan sel.  

7. Meredakan Peradangan

manfaat bawang hitam

Selain mengandung antioksidan, bawang hitam memiliki sifat antiinflamasi. Karena mengandung anti inflamasi, orang yang rajin mengkonsumsi bawang hitam umumnya susah mengalami peradangan.

Dalam ilmu medis, zat anti inflamasi dapat mencegah lepasnya sitokin yang dapat merangsang respons inflamasi.

Berbagai jenis peradangan yang dapat diatasi dengan mengkonsumsi bawang hitam, seperti radang sendi, nyeri otot, dan radang lainnya.

8. Menjaga Kesehatan Hati

Hati, sebagai salah satu organ tubuh, memiliki peran penting dalam membuang racun di dalam tubuh. Oleh karena itu, kesehatan hati harus tetap dijaga agar racun dalam tubuh bisa dihancurkan.

Kandungan zat yang ada dalam bawang hitam juga dapat mengobati kerusakan hati. Manfaat lain dari bawang hitam adalah dapat menurunkan kadar lemak dan meningkatkan metabolisme hati.

9. Mengatasi Alergi

Anda yang punya keluhan alergi setelah mengalami kondisi tertentu atau mengkonsumsi makanan tertentu disarankan untuk mengkonsumsi bawang hitam. Sebab, kandungan black garlic ini dapat mengatasi gangguan alergi.

Bahkan, dalam beberapa kasus penderita alergi akut, mengkonsumsi bawang hitam secara teratur dapat menghambat gen-gen penyebab alergi.

Lebih dari itu, bawang putih dapat menghambat molekul penyebab alergi serta mengaktifkan makrofag (sel-sel imunitas).

10. Mencegah Obesitas

Bawang putih juga bermanfaat untuk menurunkan lemak-lemak di dalam perut dan sel-sel lemak. Oleh karenanya, bawang hitam dapat mengatasi masalah kegemukan (obesitas).

Jika Anda mengalami masalah dengan obesitas, konsumsilah bawang hitam secara teratur agar lemak-lemak dalam tubuh hilang.

Itulah 10 manfaat bawang hitam yang perlu Anda tahu. Jika sudah tahu bawang hitam punya manfaat yang luar biasa. Saatnya Anda membuktikan khasiat bawang hitam dengan mengkonsumsinya secara rutin.