10 Manfaat Air Putih bagi Kulit dan Tubuh

10 Manfaat Air Putih bagi Kulit dan Tubuh image

Manusia memiliki 60% cairan dalam tubuh. Kekurangan cairan bisa menyebabkan kehausan, dehidrasi hingga organ tubuh yang tidak bisa berfungsi dengan baik.

Namun, Anda tidak perlu cemas, setidaknya 10 manfaat air putih berikut ini bisa Anda dapatkan terutama dengan mengkonsumsi minimal 2 liter air.

1. Meningkatkan dan Menyehatkan Kulit

Bukan rahasia lagi bila manfaat air putih untuk kulit adalah membuat kulit lebih sehat. Anda bisa mendapatkan kulit yang lebih segar dan terhindar dari kerutan dini karena dehidrasi.,

2. Mengatur Suhu Tubuh

Memiliki kadar cairan yang cukup dalam tubuh memungkinkan Anda untuk bisa mendapatkan suhu tubuh normal.

Jika kadar air terlalu rendah di dalam tubuh, maka akan membuat penyimpanan panas dalam tubuh meningkat. Akibatnya Anda kurang bisa menahan regangan panas.

Sedangkan jika terlalu banyak cairan tubuh, akan membuat Anda sering buang air kecil. Jadi, konsumsi air cukup banyak terutama saat olahraga karena bisa membantu mendinginkan tubuh ketika berolahraga.

3. Menutrisi Kulit

Ketika dehidrasi, kerutan dan garis halus pada kulit akan terlihat lebih dalam. Dengan cairan yang cukup pada tubuh, kulit akan terlihat lebih awet muda dan bersinar.

4. Memperlancar Pencernaan

manfaat air putih

Manfaat air putih untuk tubuh jika dikonsumsi dengan teratur dan cukup adalah bisa memperlancar pencernaan. Ini karena air bisa membantu untuk melahirkan sisa makanan dan partikel kotoran.

Dengan begitu, sisa makanan dan partikel kotoran bisa melewati saluran pencernaan dan usus besar.

Jika Anda terlalu sedikit minum, maka usus akan menyerap cairan dari kotoran atau feses sehingga tubuh tidak dehidrasi. Namun sebagai gantinya, feses menjadi keras dan membuat Anda mengalami sembelit atau sulit buang air besar.

5. Meningkatkan Energi

Saat Anda dehidrasi, Anda akan merasa tubuh Anda terasa lebih lemas dari sebelumnya. Hal ini disebabkan karena kekurangan cairan akan memacu jantung untuk bekerja lebih keras dibandingkan sebelumnya.

Jika dibiarkan, hal tersebut akan berpengaruh ke organ yang lainnya.

Karena itu, jika Anda merasa haus, sebaiknya segera konsumsi air putih yang cukup agar cairan tubuh terpenuhi.

Bila cairan tubuh cukup, jantung bisa bekerja secara normal, air juga dapat membantu darah untuk menyalurkan nutrisi dan oksigen ke tubuh. Akibatnya Anda bisa lebih segar dan bisa lebih fokus.

6. Mendorong Fungsi Otak

Seperti yang dilansir dari British Journal of Nutrition, para ahli mengemukakan jika minum air putih dengan takaran yang cukup bisa mendorong daya ingat dan konsentrasi.

Di hasil studi yang lain menghasilkan bahwa mengkonsumsi air putih bisa membantu memperbaiki mood.

7. Menurunkan Berat Badan

manfaat air putih

Konsumsi air putih bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Akibatnya, berat badan Anda akan lebih terjaga dengan baik. Manfaat air putih untuk diet didukung dengan hasil penelitian dalam jurnal Obesity (Silver Spring).

Di jurnal tersebut, Anda bisa menurunkan berat badan hingga 44% jika Anda mengkonsumsi 500 ml air putih sebelum makan.

Dalam penelitian tersebut, jika kebiasaan ini dilakukan dengan baik dan disiplin, dalam waktu 12 minggu, hasilnya sudah terlihat.

8. Memelihara Fungsi Ginjal

Tubuh memiliki racun utama yang berupa nitrogen urea darah yang melewati ginjal dan dikeluarkan melalui urin. Jika tubuh memiliki cairan yang cukup maka urin akan jernih dan bebas bau.

Sedangkan jika kekurangan cairan ginjal akan bekerja lebih keras, urin akan berwarna dan baunya lebih tajam.

Bila hal tersebut dibiarkan saja, terutama saat cuaca sedang panas, resiko terkena batu ginjal akan lebih besar dibandingkan sebelumnya.

9. Membangkitkan Otot

Berdasarkan penutup dari American College of Sport Medicine, Anda harus mengkonsumsi ½ liter air, 2 jam sebelum Anda mulai berolahraga.

Ini karena sel otot yang tidak mempunyai cairan yang cukup tidak bisa mempertahankan elektrolit dan cairan. Akibatnya, otot menjadi kelelahan.

10.  Mengendalikan Kalori

Air putih memiliki fungsi untuk pengganti minuman yang berkalori tinggi. Mengkonsumsi banyak air putih dan makanan yang kaya akan cairan akan membantu Anda saat diet karena bisa memangkas kalori.

manfaat air putih

Itulah 10 manfaat air putih yang tidak hanya bagus untuk tubuh namun juga untuk diet. Jadi, selalu cukupi kebutuhan cairan tubuh Anda agar Anda tetap sehat dan bugar!