10 Ide Bisnis Rumahan yang Menguntungkan dan Modalnya

10 Ide Bisnis Rumahan yang Menguntungkan dan Modalnya image

Menjadi seorang pebisnis atau entrepreneur adalah impian banyak orang yang ingin menambah penghasilan atau banting setir karena sudah bosan jadi pegawai.

Tak heran banyak yang mulai berpikir untuk mulai memikirkan ide bisnis rumahan yang cocok untuk dikerjakan.

Kesempatan untuk mendapatkan sumber penghasilan pasif (passive income) cenderung lebih besar peluangnya dengan berbisnis dibandingkan bekerja sebagai karyawan.

Di era digital dengan berbagai kemudahan teknologi dan informasi seperti saat ini sebenarnya sangat banyak peluang untuk mendatangkan profit dari bisnis di rumah.

Ide Bisnis Rumahan Beserta Modalnya

Kreatif, inovatif, serta berani mengambil resiko adalah karakter dasar yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis.

Bagaimanapun juga memulai bisnis pasti membutuhkan modal baik modal uang, modal skill, hingga modal keberanian.

Meskipun hanya bisnis rumahan yang notabene modalnya lebih kecil dibanding bisnis kantoran, bukan berarti profit yang akan didapatkan selalu kecil.

Berikut ini beberapa ide bisnis rumahan beserta modal yang harus dikeluarkan yang bisa Anda coba untuk dilakukan di rumah, di antaranya:

1. Menyewakan Kamar Airbnb
bisnis rumahan menyewakan kamar

Saat media sosial semakin merebak di era digital saat ini, pariwisata pun turut meningkat apalagi di tempat-tempat yang menarik dan instagrammable.

Kebiasaan untuk mencari akomodasi pun tidak selalu melalui hotel, villa, atau jenis penginapan lainnya. Banyak yang memanfaatkan hospitality rumah-rumah penduduk atau dikenal dengan AirBnB.

Sewa menyewa kamar atau akomodasi ini bisa dilakukan melalui sebuah platform yang dinamakan AirBnB.

Banyak wisatawan yang lebih memilih AirBnB karena biaya yang ditawarkan biasanya lebih terjangkau sehingga sangat cocok bagi para backpacker yang ber-budget murah.

Jika anda memiliki kamar kosong yang jarang dipakai, jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dengan menyewakannya melalui AirBnB.

Anda pun bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan tanpa harus keluar modal sepeserpun alias 0 rupiah.

Anda cukup menggunakan platform AirBnB dan mempromosikan kamar untuk disewakan.

2. Les Privat
bisnis rumahan les privat

Jika Anda menginginkan modal usaha yang sangat murah bahkan bisa 0 rupiah, maka les privat adalah solusinya.

Selama Anda memiliki kemampuan yang cukup mumpuni di bidang akademik seperti Matematika, Bahasa Inggris, Sains, dan mata pelajaran lainnya maka sudah bisa menjadi modal awal.

Les privat menjadi salah satu jenis ide bisnis rumahan dengan modal kecil namun profitnya cukup menggiurkan.

Apalagi jika Anda bisa mengampu banyak anak setiap harinya. Tentu akan lebih banyak lagi keuntungan yang diperoleh.

Ide bisnis rumahan yang satu ini cukup digemari oleh anak-anak kuliah yang ingin mencari uang saku tambahan.

Mereka biasanya menawarkan kemampuan akademis yang dimiliki kepada orang tua yang ingin anaknya mengikuti les.

Usaha les privat bisa dimulai dari rumah saja atau bisa juga dengan mendatangi rumah anak didik yang akan diajari.

Di zaman serba canggih dengan berbagai kemudahan teknologi dan informasi ini juga bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan lebih banyak murid melalui program les online.

Anda bisa mengerjakan pekerjaan ini dari rumah dengan membuat materi pembelajaran seperti video, audio, maupun dokumen teks.

Kemudian Anda cukup mengontrol dan mengajari mereka melalui video call. Modal utama yang harus dimiliki adalah kemampuan di bidang akademik serta kebutuhan alat tulis dan bahan ajar lainnya.

Anda bisa menganggarkan biaya awal sebagai modal membuka les privat mulai dari Rp100.000,00 hingga jutaan.

Besarnya biaya tersebut tergantung dari berapa banyak alat tulis dan bahan ajar yang Anda butuhkan.

3. Blogging
bisnis rumahan blogging

Bagi Anda yang hobi menulis dan membuat konten, menjadi seorang blogger bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menggiurkan.

Apalagi jika Anda memiliki pemahaman yang bagus untuk menulis konten yang ramah SEO sehingga bisa mendatangkan traffic di blog tersebut.

Semakin banyak dan ramai blog Anda dikunjungi visitor, maka kesempatan untuk menarik pihak lain yang ingin memasang iklan sangatlah tinggi.

Anda juga bisa mengajak kolaborasi untuk campaign suatu produk tertentu dengan pemilik toko atau usaha.

Blog yang sudah ramai pengunjung tersebut juga bisa Anda manfaatkan untuk menjual produk sendiri atau produk orang lain dengan sistem reseller, dropshipper, atau marketer.


Modal yang harus dikeluarkan untuk menjadi seorang blogger pun sangatlah murah dan terjangkau. Apalagi jika Anda sudah memiliki komputer, laptop, dan smartphone.

Jika belum memiliki perangkat tersebut, maka Anda bisa membelinya dan menjadikannya sebagai aset tetap modal awal dengan kisaran Rp2.000.000,00 hingga puluhan juta.

Tergantung dari merek laptop atau smartphone apa yang ingin Anda beli. Untuk biaya operasional per bulannya cukup dengan bermodalkan internet yang bisa berkisar mulai dari Rp100.000,00.

4. Kreasi Mahar dan Hantaran
bisnis rumahan kreasi mahar

Bagi Anda penggemar craft atau DIY yang menuntut kreativitas untuk membuatnya, maka usaha kreasi mahar dan hantaran ini bisa menjadi ide bisnis rumahan yang menarik.

Usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar selama ada usaha, kemauan, dan kreativitas dalam membuat suatu karya atau kerajinan.

Bisnis rumahan ini cukup menjanjikan mengingat setiap hajatan lamaran dan pernikahan pasti membutuhkan hantaran atau seserahan.

Apalagi acara pernikahan ini akan selalu ada dan tidak akan pernah ada habisnya.


Trend semakin berkembang dengan adanya hantaran atau seserahan serta mahar yang dikemas dengan bentuk yang menarik dalam berbagai tema.

Banyak calon pengantin yang memilih menggunakan jasa penghias hantaran dan mahar mereka agar bisa disesuaikan dengan konsep pernikahan yang mereka buat.

Membuat hiasan pada hantaran agar terlihat lebih menarik ini bisa dilakukan dari rumah.

Bagaimana cara menghias hantaran dan mahar tersebut? Hal ini bisa dilakukan dengan sangat mudah karena ada banyak sekali tutorial video di YouTube maupun berupa gambar-gambar dan teks.

Media-media tersebut bisa Anda manfaatkan untuk belajar bagaimana merangkai hantaran dan mahar dengan menarik, unik, dan kreatif.

Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk isi hantaran karena calon pengantin biasanya akan membeli sendiri sehingga Anda hanya perlu menghias barang-barang tersebut.

Modal yang diperlukan untuk menghias hantaran berkisar antara Rp1.000.000,00 – Rp5.000.000,00 tergantung kualitas dan jenis bahan yang akan digunakan.

Budget modal tersebut bisa digunakan untuk membeli kotak hantaran, mika, pita, nampan, bunga plastik, beberapa boneka kecil, lem, dan peralatan lainnya.

Anda bisa menghias seserahan dan mahar sesuai dengan kreatifitas yang Anda miliki dengan tetap menyesuaikan konsep pernikahan yang diinginkan mempelai.

5. Catering
bisnis rumahan catering

Makan atau pangan adalah salah satu kebutuhan primer manusia yang harus dipenuhi.

Usaha catering dari rumah bisa menjadi salah satu ide bisnis rumahan yang potensial mendatangkan banyak untung.

Apalagi jika Anda tinggal di lingkungan perkantoran atau industri yang notabene orang-orangnya cenderung sibuk dan tidak sempat untuk memasak.

Bisnis catering ini sangat cocok bagi Anda yang hobi dan gemar memasak serta passion di bidang kuliner.

Anda bisa mencoba menawarkan usaha catering dengan berbagai jenis menu yang enak dan menarik ke kantor-kantor atau pabrik.

Berbagai kesempatan event atau acara juga bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan bisnis catering ini.

Seperti acara lamaran, pernikahan, ulang tahun, pengajian, dan lain sebagainya.

Bisnis catering rumahan juga bisa cukup potensial untuk skala kecil seperti catering untuk bekal anak sekolah atau catering menu sehat untuk diet.

Berapa modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha catering? Modal yang harus dikeluarkan tentu tergantung dari konsep atau rancangan ide bisnis Anda.

Jika Anda sudah memiliki peralatan dan perlengkapan masak seperti panci, wajan, baskom, piring, kompor, dan alat memasak lainnya maka Anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli alat tersebut.

Modal yang Anda perlukan cukup modal bahan baku seperti minyak goreng, beras, bumbu-bumbu, sayur, buah, daging, dan lainnya sesuai dengan pesanan yang diinginkan pelanggan.

Sehingga estimasi modal biaya yang diperlukan bisa berkisar mulai dari Rp500.000,00 hingga jutaan tergantung berapa banyak pesanan dan target pasar Anda.

6. Laundry
bisnis rumahan laundry

Usaha laundry sangat potensial khususnya bagi Anda yang tinggal di area perkotaan.

Bisnis rumahan ini pun bisa dilakukan siapa saja termasuk ibu rumah tangga sekalipun yang masih harus sibuk mengurus keperluan rumah dan anak.

Bisnis ini cukup menjanjikan mengingat saat ini banyak orang yang bekerja dari pagi hingga malam sehingga tidak sempat untuk mencuci bajunya sendiri.

Apalagi anak-anak kos seperti mahasiswa dan pelajar yang disibukkan dengan tugas dan tidak memiliki mesin cuci sendiri.

Laundry menjadi alternatif yang sangat bisa diandalkan untuk membantu mencuci baju mereka.

Jika Anda ingin melirik usaha laundry ini, maka usahakan untuk menyasar pasar mahasiswa dan pekerja kantoran.

Modal yang dibutuhkan berupa mesin cuci, setrika, sabun, serta tenaga untuk melakukan semua pekerjaan tersebut.

Untuk modal awal bisnis rumahan ini, Anda bisa memulainya dengan satu mesin cuci dan setrika yang bisa dibeli dengan kisaran Rp2.000.000,00 tergantung dari merek dan jenisnya.

Besaran modal tersebut juga sudah termasuk sabun dan pewangi laundry agar hasil cucian bersih dan wangi sehingga pelanggan puas dan akan terus berlanggan di laundry Anda.

7. Jasa Penitipan Anak/Day Care
bisnis rumahan day care

Dewasa ini, tidak hanya para ayah saja yang sibuk di kantor dan kerja untuk mencari nafkah.

Banyak ibu rumah tangga yang juga sibuk bekerja atau berbisnis untuk membantu perekonomian keluarga.

Sehingga banyak dari keluarga-keluarga yang memilih untuk menitipkan anak-anak pada day care.

Menitipkan anak ke daycare terbilang lebih murah dan aman jika harus dibandingkan dengan membayar baby sitter untuk mengurus anak mereka setiap harinya.

Apalagi para orang tua biasanya juga akan lebih percaya untuk menitipkan anak-anak mereka ke daycare karena fasilitas yang didapatkan tidak hanya sekedar penitipan tapi juga ada edukasi di dalamnya.

Jasa penitipan anak cenderung lebih banyak diminati karena selain anak-anak menjadi tidak terlantar, guru atau pengasuh di daycare juga akan memberikan pendidikan.

Orang tua pun tidak perlu khawatir lagi bagaimana anak-anaknya diajari dan diurus ketika mereka sedang sibuk bekerja.

Modal yang harus dikeluarkan untuk usaha ini cukup terjangkau dan Anda bisa memulainya dari rumah dengan menyediakan berbagai permainan anak yang menarik.

Anda juga bisa merekrut pegawai untuk membantu Anda mengurus day care tersebut. Kisaran biaya yang perlu dikeluarkan sebagai modal awal berkisar Rp500.000,00 – Rp1.000.000,00.

8. Penyewaan Kostum
bisnis rumahan penyewaan kostum

Selain kebutuhan baju sehari-hari sebagai salah satu kebutuhan primer yang harus dipenuhi, ada juga kebutuhan untuk pakaian kostum untuk acara-acara tertentu.

Seperti acara pesta, hari besar perayaan agama, hari Kartini, hari profesi, hingga perayaan-perayaan lainnya.

Target pasar yang bisa dicapai untuk jenis usaha penyewaan kostum ini pun cukup luas mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Namun, pasar anak-anak cenderung lebih potensial karena biasanya sekolah-sekolah sering mengadakan acara-acara tertentu untuk merayakan hari-hari penting nasional.

Aneka kostum yang bisa disewakan mulai dari kostum yang bertema adat, superhero, profesi, hingga kostum yang berbentuk unik yang biasa digunakan untuk pentas atau teater.

Selain itu, penyewaan kostum juga sering diperlukan untuk acara-acara seperti acara lomba, acara pernikahan, acara keagamaan, dan lainnya.

Sehingga sangat tepat jika pasar ini sangat potensial baik untuk anak-anak maupun dewasa.

Modal yang harus dikeluarkan untuk memulai usaha ini cukup beragam tergantung dari berapa banyak jenis kostum yang akan disewakan.

Untuk modal awal Anda bisa menyiapkan budget sekitar Rp3.000.000,00. Dana tersebut bisa digunakan untuk membeli peralatan seperti lemari kaca, etalase, baju kostum yang akan disewakan, biaya pencucian, dan lainnya.

9. Perancang Busana
bisnis rumahan perancang busana

Ketertarikan di bidang fashion memang selalu identik dengan wanita.

Tak bisa dipungkiri bahwa banyak wanita yang memiliki hobi belanja serta mendandani dirinya sendiri dengan mix and match berbagai paduan warna, motif, serta jenis baju.

Jika Anda memiliki keahlian untuk mendesain baju, membuat pola, hingga menjahit, maka usaha ini tidak ada salahnya dicoba.

Anda bisa memulainya dengan menerima pesanan jahitan untuk baju-baju seragam sekolah, seragam komunitas, baju pesta, dan lain sebagainya.

Jenis usaha ini cenderung memiliki banyak sekali peminat sehingga pasarnya cukup besar.

Apalagi jika Anda mampu mengerjakan pesanan mulai dari anak-anak hingga dewasa dan merambah di dunia online.

Maka menjadi seorang perancang busana dari rumah sangat memungkinkan untuk membawa Anda pada kesuksesan.

Modal awal yang diperlukan tentu saja adalah mesin jahit, mesin obras, benang, kain, alat pengukur, kertas pola, penggaris, dan alat tulis.

Investasi biaya yang diperlukan berkisar mulai dari Rp3.000.000,00 hingga Rp10.000.000,00 tergantung dari jenis dan merek mesin apa yang Anda beli.

10. Cuci Mobil dan Motor
bisnis rumahan cuci mobil dan motor

Saat ini bisa Anda lihat bahwa pengguna mobil dan motor semakin meningkat drastis dari tahun ke tahun.

Bisnis ini merupakan salah satu bisnis yang bisa dikerjakan dari rumah dan memiliki peluang yang cukup menjanjikan.

Apalagi di lingkungan perkotaan yang notabene orang-orang sudah sibuk dengan rutinitas pekerjaannya sehingga tidak sempat mencuci kendaraannya sendiri.

Meskipun tidak sempat mencuci sendiri, bukan berarti mereka akan membiarkan kendaraannya selalu dalam keadaan kotor.

Bagaimanapun juga, hampir setiap pemilik kendaraan akan selalu menginginkan kondisi kendaraannya bersih sehingga nyaman dikendarai dan tidak mudah rusak.

Anda bisa memanfaatkan halaman rumah untuk memulai bisnis ini sehingga tidak perlu mengeluarkan modal untuk menyewa tempat.

Namun, Anda harus menyiapkan budget yang lebih besar untuk keperluan membeli peralatan untuk mencuci mobil dan motor.

Modal awal untuk peralatan yang diperlukan untuk membuka usaha cuci mobil dan motor berkisar Rp50.000.000,00.

Dengan modal ini Anda sudah bisa mendapatkan berbagai jenis peralatan seperti hidrolik mobil paling tidak sebanyak 2 buah, Power Spray, kompresor, Vacuum cleaner, tabung snow, lap, selang, biaya instalasi pemasangan peralatan, dan lain sebagainya.

Berbagai macam ide bisnis rumahan tersebut bisa Anda pilih menurut passion, kebutuhan, serta budget modal yang Anda miliki.

Sesuaikan dengan target pasar dan buat perencanaan yang matang agar bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar.