Bisnis Online Modal Kecil yang Bisa Anda Coba

Bisnis Online Modal Kecil yang Bisa Anda Coba image

Bisnis online adalah usaha yang dijalankan di dunia maya dengan bantuan internet. Pelaku bisnis ini tidak mengharuskan pengusaha untuk memiliki kantor di dunia nyata.

Tempat yang digunakan untuk bisnis online bisa berupa kamar, rumah, atau bahkan tidak memiliki tempat khusus.

Bagi mahasiswa atau karyawan yang ingin menambah pemasukan, bisnis online modal kecil di bawah ini bisa dijadikan dicoba.

Bisnis online modal kecil

1. Jasa Desain Grafis Online

bisnis online modal kecil

Bisnis online modal kecil yang pertama adalah jasa desain grafis online.

Bisnis ini bisa dilakukan dengan menawarkan jasa desain lewat media sosial, atau mengikuti sayembara logo di marketplace seperti Sribu.com, 99design.com, ataupun fiverr.com.

Saat mengikuti sayembara di marketplace kita memang bisa kalah, tetapi desain yang telah kita buat tidak akan sia-sia. Kita bisa menguploadnya di media sosial seperti Instagram, Pinterest, atau Behance, sebagai portofolio.

Untuk menggeluti bisnis ini anda hanya membutuhkan laptop yang telah terinstall aplikasi desain seperti CorelDraw, Adobe Illustrator, atau Inkscape, dan tentunya jaringan internet untuk mengakses marketplace dan media sosial.

2. Penulis Artikel

bisnis online modal kecil

Bisnis online modal kecil yang kedua adalah freelance penulis artikel. Pekerjaan ini sangat cocok bagi anda yang suka atau bakat dalam menulis.

Untuk menggeluti bisnis online ini anda hanya membutuhkan laptop atau komputer, dan jaringan internet. Penulis artikel terdiri dari 2 tingkatan.

Tingkatan yang pertama adalah menulis artikel dengan standar batasan minimal jumlah kata. Artikel yang ditulis lebih mementingkan kuantitas daripada kualitas.

Tingkatan yang kedua, adalah menulis artikel dengan standar kualitas isi bacaan. Artikel-artikel ini biasanya dipesan oleh website besar atau portal-portal berita.

Untuk mencari job penulisan artikel online, anda bisa membuka Sribulancer.com, UpWork.com, atau TextBroker.com.

Bagi anda yang masih tahap awal atau kurang menguasai bahasa inggris, bisa mencoba mencari job di Sribulancer.com terlebih dahulu, karena artikel yang dipesan kebanyakan dalam Bahasa Indonesia.

3. Dropshipper

bisnis online modal kecil

Ketika sedang melihat story Whatsapp atau Instagram anda pasti sering melihat teman anda memposting foto pakaian, buku, atau krim penghilang jerawat.

Ketika anda pergi ke tempat tinggalnya anda tidak pernah melihat barang dagangannya. Apakah teman anda tersebut menjual barang fiktif? Belum tentu.

Ada kemungkinan teman anda tersebut menjadi dropshipper. Dropshipper adalah berjualan barang tanpa perlu menyetok barang tersebut.

Ketika ada konsumen memesan produk, dropshipper akan mengajukan pesanan tersebut ke pihak supplier. Supplier akan mengirimkan barang ke konsumen dengan data dropshipper.  

Jadi yang tertera dalam data pengirim bukan supplier, melainkan data dropshipper.

Keuntungan dari dropshipper ini adalah tidak membutuhkan modal untuk memulai, cukup mencari supplier yang terpercaya, akun marketplace, dan nomor rekening.

Dropshipper tidak membutuhkan stok barang, karena barang tetap berada di tempat supplier. Bisnis online ini juga bisa dilakukan dimana saja , sepanjang masih terdapat jaringan internet.