16 Manfaat Cuka Apel Yang Dapat Mengubah Hidupmu

16 Manfaat Cuka Apel Yang Dapat Mengubah Hidupmu image

Sudahkah kamu mengetahui Manfaat Cuka Apel?

Berikut ini 16 manfaat cuka apel yang admin rangkum dari berbagai sumber.

1. Pembersih Rumah Bebas Racun (Non-Toxic Cleaner)

Bukan rahasia lagi salah satu Manfaat Cuka Apel adalah membersihkan peralatan rumah tangga. Cuka Apel mengandung semua manfaat untuk melawan bakteri.

Buatlah larutan cuka apel dengan campuran air dan cuka apel dengan perbandingan 1:1, taruh di botol bertutup spray. Gunakan kain bersih, semprotkan tempat-tempat yang berpotensi memiliki banyak bakteri seperti meja makan, dapur, dll. Bersihkan seiisi rumahmu dengan larutan ini, dan rasakan rumahmu bebas dari kotoran dan bakteri tanpa menggunakan yang larutan berbahaya atau beracun.

Jangan khawatir bau cuka hilang begitu kering.

2. Mematikan Rumput Liar atau Gulma

Salah satu Manfaat Cuka Apel dalam hal berkebun adalah kemampuannya dalam mengurangi rumput liar!

Buatlah larutan cuka apel dengan perbandingan sebagai berikut 750ml cuka apel, 4 sdm garam, 1/2 sdt sabun cuci piring yang ada di rumahmu. Taruh di botol dengan tutup spray. Semprotkan tanaman liar. Cuka Apel sangat efektif sekali membunuh rumput liar dengan cepat. Pastikan tidak menyemprot bagian tanaman lain seperti buah atau bunga

3. Menetralisir Bau Ruangan
Ada bau tak sedap? Manfaat cuka apel salah satunya dapat menetralkan bau tak sedap. Cukup taruh Cuka Apel di wadah terbuka, dan tempatkan di dekat bau berasal untuk menghilangkan bau dengan cepat

4. Mencegah Diabetes
Salah satu manfaat cuka apel adalah anti-glikemik yanh terdapat pada cuka apel membantu sensitivitas insulin

Minum 2sdm cuka apel sebelum tidur, dan tingkat gula darah akan menurun sekitar 4-6% saat bangun tidur


5. Menurunkan Berat Badan dan Kolestrol Jahat
Mengkonsumsi cuka apel dapat membuat kamu merasa cepat kenyang, sehingga kamu jadi lebih sedikit makan.

Kandungan asam asetatnya dapat memperlambat penimbunan lemak.

Jika rasa cuka apel terlalu asam atau terlalu kuat, kamu dapat mencampurkan cuka apel ke dalam dressing salad, jus, bahkan air putih kamu lho! Jangan sampai kehilangan Manfaat Cuka Apel yang satu ini karena tidak suka rasanya yaa

6. Detox
Selain detox rumah, manfaat cuka apel juga dapat men-detox badan kita lho! Cuka apel membantu sirkulasi dan detoksifikasi hati. Asam dari cuka apel dapat membuang racun dalam tubuh.

7. Melegakan Pilek
Manfaat cuka apel sebagai anti bakteri dapat mencegah infeksi pilek atau masuk angin. Hirup sedikit campuran air dan cuka apel jika kamu sedang pilek, dan rasakan bernafas sedikit lebih mudah setelah menghirup cuka apel.

8. Melegakan Sakit Tenggorokan
Sebagai antibakterial dan antibiotik alami, campurkan ke dalam air hangat dan minum sesering mungkin, akan mengurangi sakit tenggorokanmu

9. Melegakan Kulit Gatal
Cukup oleskan ke bagian yang gatal. Manfaat cuka apel ini juga untuk gatal-gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga, tanaman yang bikin gatal, atau alergi ringan.

10. Rambut berkilau dan bebas dari ketombe!
Bilas rambutmu seminggu sekali menggunakan campuran cuka apel untuk menghasilkan rambut yang berkilau, lembut dan bebas ketombe.


Campurkan 6 sdm cuka apel dengan 800ml air bersih. Bilas larutan ini ke rambutmu, lalu cuci bersih kembali dengan air dingin.

Asam yang terdapat pada cuma apel dapat menghilangkan zat kimia yang menumpuk di rambutmu. Salag satu manfaat cuka apel juga dapat membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala.

11. Pembersih Muka dan Toner Wajah Alami
Gunakan kapas dan larutan cuka apel dan air bersih dengan perbandingan berikut:

Rasio => Cuka Apel : Air Matang
1:1 untuk kulit berminyak
1:2 untuk kulit normal - kering
1:3 kulit sensitif

Bersihkan mukamu setiap hari!

12. Deodorant Cuka Apel Alami
Beberapa deodorant sangat berbahaya bagi kesehatan tubug, bahkan beberapa situs menginfokan dapat mencetuskan kanker payudara. Manfaat cuka apel sebagai antibakterial dapat menhilangkan bakteri penyedap bau tak sedap di ketiakmu.

Cukup taruh cuka apel sedikit pada bagian ketiak, diamkan sampai mengering, bebas bau!


Ingat sampai keeing ya

13. Memutihkan Gigi
Wah gigi menjadi kinclong dan lebih putih merupakan salah satu manfaat cuka apel lho! Bagaimana caranya? Campurkan Air dengan Cuka Apel dengan perbandingan 2:1. Sikat gigi seperti biasa, jika rutin maka lihatlah hasilnya


14. Menghilangkan Bau Mulut
Selain sikat gigi, siapa disini yang menggunakan mouthwash? Ya, salah satu manfaat cuka apel adalah sebagai obat kumur atau mouthwash alami. Karena anti bakterinya membunuh kuman yang menyebabkan bau mulut

15. Menghilangkan Bau Kaki
Hampir semua bau dapat dihilangkan menggunakan cuka apel. Jika kakimu bau cobalah menggunakan teknik ini. Basuh bersih kakimu dengan air, lap kering kakimu. Setelah kering usap kembali kakimu dengan kain yang sudah diolesi cuka apel.

Cuka apel mampu menyeimbangkan pH yang menyebabkan bau.

16. Sebagai Tambahan makanan
Membuat Jus, Baking , Saus, Salad, dll

Nah itu dia 16 Manfaat Cuka Apel. Mana saja kah yang sudah dicoba?


Sumber:
rd.com
mamavation.com