Gurilem, Cemilan Tradisional Khas Cililin Jawa Barat

Gurilem, Cemilan Tradisional Khas Cililin Jawa Barat image

Gurilem? Benda apa itu?

Pasti sebagian dari anda banyak yang belum mengetahui gurilem. 

Gurilem adalah jajanan khas jawa barat tepatnya daerah Cililin. Gurilem merupakan singkatan dari Gurih dan Peuleum. Apa sih artinya?

Jadi Gurilem adalah kerupuk yang gurih serta peuleum yang dalam bahasa sunda berarti lembut.

Teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih, membuat gurilem digemari hampir semua kalangan mulai dari anak - anak hingga orang dewasa.

Jajanan yang satu ini biasanya dibumbui dengan berbagai bumbu seperti cabai kering, garam dan bawang, sehingga  rasa pedas asin gurih menjadi rasa yang sering dijumpai di kerupuk gurilem.

Ada banyak sekali produsen dan penjual gurilem, namun admin pernah mencoba 2 merk gurilem yaitu gurilem sangar dan gurilem maicih. Apa sih bedanya?

Gurilem sangar seperti yang sudah dijelaskan memiliki tekstur yang lembut dan gurih, dan didominasi oleh rasa pedas asin yang menurut admin sangat pedas.

Di sisi lain, Gurilem maicih tidak sepedas gurilem sangar, tetap memiliki tekstur yang lembut dan sedikit terasa bumbu kacang manis.

Nah, jadi itulah sedikit penjelasan mengenai gurilem. Bagi anda yang penasaran dan ingin mencoba gurilem bisa langsung beli di The Little Snacks ya ^^