5 Tips dan Trik Mengantisipasi Kerja Lembur

Pekerjaan menumpuk. Tenggat sangat singkat. Tidak ada cara lain yang bisa dilakukan kecuali lembur. Pernahkah anda dihadapkan pada kondisi semacam ini? 

Banyak karyawan yang tidak menyukai lembur. Lembur membuat tubuh mengeluarkan energi lebih untuk bekerja. Waktu istirahat yang kurang, waktu bersosialisasi dengan keluarga atau teman berkurang. Namun kondisi tertentu membuat seseorang terpaksa lembur.

Meskipun terkadang tidak bisa dihindari, ada beberapa cara untuk mengantisipasi lembur.

Pertama.
Jika mengetahui pekerjaan yang ditangani lebih banyak dari biasanya, cobalah mencicil pekerjaan.
Misal: jika deadline hari Kamis, cicilah pekerjaan dari Senin atau Selasa. Sehingga bebak kerja hari Rabu atau Kamis akan berkurang, sehingga tidak perlu lembur.

Kedua.
Hindari menunda pekerjaan. Meskipun pekerjaan terkesan remeh dan mudah tetapi jika ditunda hingga berhari-hari pekerjaan tersebut akan menumpuk dan terasa memberatkan. Ujung-ujungnya lembur. Untuk itu kerjakan penugasan dengan segera.

Ketiga.
Cobalah datang lebih pagi ke kantor. Tiba di kantor lebih pagi akan membuat kamu lebih banyak memiliki waktu untuk bekerja. Jumlah pekerjaan yang terlihat banyak pun akan semakin ringan jika dikerjakan lebih awal.

Keempat.
Fokus pada bidang pekerjaan yang ditangani. Godaan pemecah konsentrasi pastilah selalu ada. Namun cobalah memusatkan perhatian pada pekerjaan yang ditangani. Singkirkan gangguan seperti ponsel di tengah jam kerja. Jika mengerjakan sesuatu dengan fokus hasilnya akan lebih baik dan bisa lebih cepat terselesaikan.

Kelima.
Lakukan penugasan pekerjaan dengan baik dan lebih cepat. Mengerjakan sesuatu dengan terburu-buru memang belum tentu menghasilkan sesuatu yang baik. Namun jika kamu berkomitmen mengerjakan sesuatu dan melakukannya dengan fokus, hasilnya bisa terlihat dari pengerjaan yang cepat.

Untuk menghindari ketidaktelitian atau kesalahan, kamu bisa memanfaatkan waktu luang usai mengerjakan tugas dengan evaluasi atau memeriksa kembali. Meakipun tugas dikerjakan dengan cepat, usahakan agar hasilnya baik dan berkualitas.

Itulah 5 Tips dan trik mengantisipasi kerja lembur. Apakah sudah kamu terapkan selama ini?

Sumber: Harian Kompas